Tangkai Daun Talas Obat Luka Ternak

Marjan di Klaten, Jawa Tengah mempunyai cara jitu untuk mengobati luka pada kulit sapi tanggapan bergesekan. Pria 52 tahun itu akan mencari tangkai daun talas Colocasia esculenta lantas memarutnya. Parutan itu lantas dibalurkan pada luka sehabis sebelumnya dibersihkan dengan air hangat.


“Dalam 4-5 hari luka akan mengering,” ujar Marjan yang mempunyai 5 sapi peranakan ongole itu. Parutan tersebut dibalurkan 2 kali sehari pada luka. Resep tradisional itu diperoleh Marjan dari kerabatnya sesama peternak sapi di Boyolali, Jawa Tengah. “Saya hanya mengikuti dan memang terbukti manjur,” katanya.


Tangkai daun talas ternyata mempunyai senyawa flavonoid yang bersifat antibakteri. Senyawa tersebut akan bekerja membentuk senyawa kompleks yang ujung-ujungnya sanggup menganggu stabilitas membran sel basil yang memicu benjol pada luka.


Keampuhan tangkai daun talas itu telah diriset Bryan Alfonsius Wijaya dan rekan dari Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Sam Ratulangi ibarat tertuang di Jurnal Farmasi Pharmacon pada 2014. Penelitian menggunakan kelinci Orytolagus cuniculus yang diberi luka sayatan menawarkan kemampuan ekstrak tangkai daun talas dalam mengobati luka selama 9 hari percobaan dengan kontrol menggunakan obat luka betadine.


Yang menarik senyawa flavonoid pada tangkai daun talas mempunyai sifat penting lain, ialah antiinflamasi alias antiradang. Ia juga bisa menekan rasa nyeri tanggapan luka sehingga mengurangi stres. Senyawa lain terkandung, ialah tanin ikut menunjang penyembuhan luka melalui fungsinya sebagai adstringen yang menyebabkan pori-pori kulit menciut sehingga meminimalisir pendarahan.


Belum ada Komentar untuk "Tangkai Daun Talas Obat Luka Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel