Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula – Cermai, ceremai, cereme atau cerme (Phyllanthus acidus) ialah nama sejenis pohon sekaligus buah. Nama lain cermai diantaranya mirip ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan lainnya.


Klasifikasi Cermai

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malpighiales

Famili: Phyllanthaceae

Bangsa: Phyllantheae

Subbangsa: Flueggeinae

Genus: Phyllanthus

Spesies: Phyllanthus acidus


Pohon cermai perdu atau pohon kecil dengan ketinggian hanya mencapai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Daun tunggal, bulat telur dengan ujung runcing, berukuran panjang sekitar 2-7 cm dan tersusun di rantingnya mirip daun beragam menyirip.


Bunga cermai berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4 serta tersusun dalam malai sampai 12 cm. Buah ceremai batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan mirip lilin, berdiameter sampai 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah ceremai berwarna keputihan dengan rasa buah cermai masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji. Buah cermai sering dimakan segar atau di campur gula, garam atau dirujak.


Buah cermai kaya akan kandungan nutrisi, kandungan buah cermai diantaranya mirip Vitamin (C, A, B6, B6, B9 dan B1), Mineral (kalium atau potasium, kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan), tannin, quercetin, dan flavonoid. Dengan kandungan yang terdapat didalamnya, buah cermai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, adapun manfaat buah ceremai yaitu membantu mengatasi sembelit, membantu mengatasi diare, membantu mencerna protein, membantu menyerap kalsium, membantu mencegah serangan jantung, membantu pasien diabetes, membantu memperbaiki problem rambut dan lain sebagainya.


Cara Menanam Budidaya Cermai


Persiapan Bibit Cermai


Bibit cermai sanggup diperoleh dengan perbanyakan melalui tempelan, biji dan juga cangkokan. Namun disarankan, pilih bibit hasil cangkok sebab lebih gampang dan cepat tumbuh. Jika tidak ingin repot mencangkok cermai sendir, kalian sanggup membeli bibit cermai di toko bibit. Pilih bibit yang berkualitas baik, sehat, mempunyai daun hijau segar, berbatang kokoh serta rindang.


Persiapan Lahan Tanam Cermai


Pertama, bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah pada lahan. Kemudian, buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm, kalau sudah diamkan lubang tanam selama 1 ahad guna menghilangkan racun yang ada dalam tanah.


Siapkan pula adonan tanah, pupuk kandang/kompos yang telah difermentasi dan sekam. Semua materi tersebut dicampur kemudian dijemur biar kuman didalamnya mati. Campuran tersebut nantinya untuk menutup lubang tanam bibit cermai.


Penanaman Cermai


Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit cermai dengan hati-hati biar tidak merusak perakarannya. Masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak lurus kemudian timbun kembali dengan media tanam yang telah disiapkan dan sedikit padatkan. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya saja. Guna menopang biar bibit tidak gampang roboh terkena angin ataupun air hujan, maka berikan ajir. Ajir ini sanggup dibentuk dengan memakai bilah bambu sepanjang 1,5 meter.


Perawatan Pohon Cermai


Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 1-2 kali sehari seperlunya saja. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan cermai.


Selain itu, biar nutrisi cermai terpenuhi, lakukan pemupukan secara rutin dengan memakai pupuk NPK ataupun pupuk kandang/kompos. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.


Guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah, lakukan derma hormon perangsang buah secara rutin yaitu setiap 7-10 hari sekali.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel