Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah – Jambu bangkok merupakan jenis jambu biji yang berasal dari Bangkok, Thailand. Keunggulan jambu bangkok ini terletak pada ukuran, rasa, dan warnanya. Ukuran jambu bangkok tergolong besar dengan panjang sekitar 6-7 cm dan diameter sekitar 5 cm. Rasanya sangat elok dengan kandungan sedikit air sehingga teksturnya agak keras. Buah jambu bangkok muda berwarna hijau kekuningan, sedangkan yang bau tanah merah bergaris hijau kekuningan.


Jika kalian ingin menanam atau budidaya jambu bangkok ini, namun kalian tidak mempunyai lahan yang luas, kalian sanggup menanam jambu bangkok dalam pot atau tabulampot jambu bangkok, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot atau Tabulampot Jambu Bangkok


Persiapan Bibit Jambu Bangkok


Bibit sanggup diperoleh dari sentra pembibitan baik milik pemerintah maupun swasta. Pilih bibit yang baik dan sehat, genjah bersertifikat serta kualitasnya terjamin. Pilih bibit yang ketinggiannya telah mencapai sekitar 1 meter.


Persiapan Pot Tanam Dan Media Tanam


Siapkan pot ataupun drum bekas dengan diameter sekitar 50 cm dan tinggi sekitar 50 cm. Selain itu siapkan pula media tanam berupa adonan tanah dan bokashi atau kompos.


Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot


Pertama, campurkan tanah dan bokashi atau kompos dengan perbandingan 1:1 kemudian tambahkan furadan 3g 400 gram dan aduk sampai tercampur rata.


Selanjutnya, pada bab bawah pot atau drum besar diberi lubang drainase. Jika sudah selanjutnya masukkan media tanam yang sudah disiapkan tadi setinggi 20 cm kemudian siram. Lepaskan polybag tanam pada bibit dengan hati-hari biar perakarannya tidak rusak kemudian masukkan bibit dan timbun kembali dengan sisa media tanam. Padatkan dan siram kembali, kemudian pasangkan tajuk dengan diikat tali biar tidak goyang. Letakkan tumbuhan pada kawasan yang teduh selama 2 minggu, sehabis tumbuh tunas gres sanggup dipindahkan ke kawasan terbuka.


Perawatan Jambu Bangkok Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 1-2 kali. Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh dalam pot setiap 2 ahad sekali.


Setelah berumur 2 bulan, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan takaran 100 g/pohon. Pemupukan ini dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.


Jika sudah terlalu rimbun, lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga berfungsi membentuk tumbuhan biar tidak terlalu tinggi dan menghilangkan cabang yang sudah tidak produktif lagi.


Jika sudah berbuah, lakukan penyeleksian buah dalam satu gerombol sisakan 2-3 buah saja. Setelah itu lakukan pembungkusan buah biar tidak terjangkit hama dan menjaga buah tetap higienis dan sehat.


Masa Panen Jambu Bangkok


Jambu bangkok sanggup mulai dipanen sehabis berumur sekitar 6 bulan.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel