Cara Tanaman Menyerap Air

 akan mengembangkan pengetahuan mengenai cara flora menyerap air Cara Tanaman Menyerap Air


Halo adik-adik. Salam Bebeja. Pada edisi perdana ini, abang bebeja.com akan mengembangkan pengetahuan mengenai cara flora menyerap air.


Jika kalian haus apa yang akan dilakukan? Ambil sebuah gelas, isi dengan air kemudian segera minum. Haus pun hilang. Sederhana bukan?


Sekarang kalian tebak jikalau flora tersebut haus? Ternyata melalui bulu-bulu akar halus, flora menyerap air dari sekelilingnya dengan mengandalkan sifat kapilaritas.


Air memang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk banyak sekali fungsi. Fungsi itu antara lain memperlancar proses metabolisme menyerupai membantu kerja ginjal membuang sisa racun dan menjaga suhu tubuh. Begitu pentingnya air, tidak ada makhluk hidup di bumi ini yang sanggup bertahan hidup tanpa air.


Seperi dijelaskan sebelumnya, flora mempunyai cara unik menyerap air. Air diserap melalui bulu-bulu yang terdapat di akar. Secara pelan tapi pasti, air itu akan bergerak ke seluruh bab flora hingga bab paling atas. Bagaimana itu sanggup dilakukan padahal mereka tidak dilengkapi alat penyedot? Itu berkat sifat kapilaritas. Dengan sifat itu air sanggup bergerak melalui celah-celah kecil pada tanaman. Penasaran bagaimana prosesnya? Yuk kita coba.


1.Siapkan 3 buah gelas kosong.


2. Isi gelas dengan air. Masukkan 1 sendok teh pewarna makanan berwarna merah pada gelas pertama dan warna biru pada gelas kedua, dan warna kuning pada gelas ketiga.


3. Aduklah isi gelas hingga pewarna tercampur homogen.


4. Masukkan batang seledri yang telah dibersihkan serta buang semua akarnya.


Teman-teman perhatikan selama 2-3 hari air mulai tampak naik ke atas pelan-pelan hingga seluruh flora berubah warnanya menyerupai pewarna yang dipakai. Itulah cara flora menyerap air.


Belum ada Komentar untuk "Cara Tanaman Menyerap Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel