Cara Dan Tips Beternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Dan Tips Ternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses Dengan Hasil Maksimal


Bebek atau Itik yaitu salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek mempunyai badan yang berlekuk dan lebar, mempunyai leher yang cukup panjang, mempunyai bentuk badan yang bervariasi tapi umumnya membulat. Paruh angsa lebar dan terdapat lamelae yang yang berkhasiat sebagai penyaring makanan.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Subfamilia:

Dendrocygninae

Oxyurinae

Anatinae

Merginae


Cara Beternak Bebek


A. Metode Budidaya

Bebek sanggup diternak dengan metode pengembalaan atau juga dengan metode kandang. Kedua metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

1. Metode Pengembalaan

>>Kelebihan

Pengeluaran untuk membeli pakan akan lebih irit alasannya yaitu angsa sanggup mencari pakan sendiri

Kualitas telur yang dihasilkan lebih baik dengan warna kuning telur sempurna. dan cocokj bila diolah menjadi telur asin.

>>Kekurangan

Tidak sanggup di aplikasikan pada semua tempat

sulit mencari lahan gembala dan orang yang akan menggembala


2. Metode Kandang

>>Kelebihan

Kualitas telur yang dihasilkan sanggup dikontrol dengan dukungan pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe sangkar untuk ternak bebek, sebagai berikut ini:

a. Kandang tipe pekarangan

Kandang ini dibentuk di pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Dalam sangkar ini semua acara angsa menyerupai makan dan minum serta berenang hanya pada lingkungan yang telah dipagari. Kandang ini bersifat terbuka tapi sebaiknya sangkar diberi kawasan untuk berteduh angsa pada ketika malam hari atau pada ketika hujan. Tipe sangkar ini cocok  untuk anda yang mempunyai lahan yang luas dan memiliki tujuan pembibitan atau reproduksi.


b.Kandang Terkurung atau tipe postal

Kandang ini berupa bangunan besar yang mempunyai atap dan dinding, dinding sangkar biasa dibentuk dari kisi bambu, angsa dibiarkan berkeliaran di dalam lingkungan kandang, dalam sangkar tersebut diberi akomodasi menyerupai kawasan minum, pakan, dan juga kolam untuk berenang bebek. Untuk bab dasar atau lantai sangkar sanggup berupa tanah saja atau juga sanggup memakai semen yang ditaburi dengan arang sekam padi. Tipe sangkar ini cocok dipakai untuk anda yang mempunyai lahan sempit dan ingin fokus memproduksi telur dan daging angsa atau pembibitan.


c. Kandang tipe Baterai

menggunakan sangkar ini 1 atau 2 angsa diletakan dalam kotak yang berbeda atau terpisah. sangkar ini biasanya dibentuk dari kisi bambu. Tipe sangkar ini sanggup di aplikasikan di dalam atau diluar ruangan. Tipe sangkar ini cocok dipakai untuk anda yang mempunyai lahan sempit dan ingin fokus memproduksi telur dan daging bebek.


B. Pemilihan Bibit Ternak Bebek

Pilihlah bibit yang baik biar hasil ternak maksimal, untuk hal itu terdapat 3 cara mendapatkannya: Anda membeli telur tetas yang sudah terbukti kualitasnya dan telur diteteskan memakai inkubator sendiri; Anda sanggup memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina angsa yang anda punya; Atau Anda sanggup membeli DOD ditoko atau peternak lainnya.


C. Pakan Bebek Dan Pemberian Pakan

Jika anda ingin menghasilkan angsa petelur atau pedaging yang berkualitas, anda pula harus menawarkan pakan yang berkualitas pula pada angsa anda. Terdapat 2 jenis pakan yang diberikan pada ternak angsa yaitu pakan alami dan pakan konsentrat. Pakan alami sanggup diberikan kepala udang atau keong sedangkan pakan konsentrat anda sanggup membelinya di pabrik atau anda sanggup membuatnya sendiri. Jika anda membeli pakan konsentrat setidaknya ada tiga jenis pakan yang diberikan pada masing-masing fase pertumbuhan. Untuk Fase awal atau pada ketika bebe berumur sekitar 0-8 ahad setidaknya pakan yang diberikan mengandung protein sebanyak 20%-25%; untuk fase grower atau ketika angsa berumur sekitar 8-18 ahad setidaknya pakan yang diberikan mengandung 17%-19% protein dan untuk fase layer atau ketika angsa berumur 18-27 ahad setidaknya pakan yang diberikan mengandung 15%-17% protein.


Anda sanggup menciptakan atau meramu konsentrat untuk pakan angsa ternak anda dari aneka macam materi tapi harus memenuhi kandungan protein serta cocok bagi unggas. Berikut Contohnya:



Bahan baku             Awal (%)  Grower (%)  Layer (%)

Jagung giling               25             20                     15

Dedak halus                 40            50                      60

Ubi kayu                       5               5                         5

Tepung ikan                 20            15                       10

Bungkil kelapa            5               5                        5

Bungkil kedelai           5               5                        5



Untuk dukungan pakan pada angsa yang gres menetas sampai 21 hari pakan diletakan pada baki atau kawasan pakan dan apabila sudah berumur 21 hari lebih pakan diberikan dengan cara ditabur atau disebar pada lantai sangkar da diberi secara terus menerus. Untuk dukungan minum pada anak angsa yang berumur 0-7 hari diberi adonan vitamin dan seterusnya dukungan air minum diletakkan dalam wadah khusus secara terus menerus dalam kandang.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Beternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Dan Tips Beternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel