Cara Ternak Entok Dengan Mudah Di Belakang Rumah

Cara Sukses Ternak Entok/Mentok Dengan Praktis Di Belakang Rumah Bagi Pemula


Entok atau Mentok (Cairina moschata) yakni salah satu jenis unggas yang masuk dalam famili Anatidae. Entok atau mentok ini mempunyai ukuran sedang sampai agak besar, mempunyai dominasi warna bulu hitam dan putih, mempunyai tonjolan kulit dengan warna merah dan hitam bibagian sekitar wajah dan mata, mempunyai kaki pendek berselaput renang yang gemuk berwarna bubuk kehitaman, memilii ekor yang memipih datar dan agak lebar. Entok atau mentok liar, jantan mempunyai ukuran panjang sekitar 86 cm dengan bobot sampai 3 kg dan betina mempunyai panjang 64 cm dengan bobot 1,3 kg Sedangkan untuk entok atau mentok peliharaan mempunyai ukuran yang lebih besar dengan bobot sampai 7 kg untuk jantan dan sekitar 5 kg untuk betina. Entok bisa terbang namun tak pernah jauh, dikala berjalan entok akan perlahan dan ekornya akan digoyangkan ke kanan ke kiri untuk mengimbangi tubuhnya. Nama lain dari entok yakni itik serati, itik surati, itik manila, basur dan dalam bahasa inggris disebut Barbary duck atau Muscovy duck.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Genus: Cairina

Spesies: C. moschata


Banyak orang yang mencoba beternak entok ini sebagai perjuangan sampingan, sebab entok ini mempunyai kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit dan kontribusi pakannya yang gampang peluang perjuangan dalam beternak entok ini cukup menguntungkan sebab selain daging dan telurnya, bulunya pun sanggup dijual untuk dijadikan shuttlekock. Bagi anda yang ingin beternak entok atau mentok ini  berikut yakni cara lengkapnya:


Cara Beternak Entok atau Mentok 


a. Pemilihan Entok atau Mentok  Untuk Ternak

Pilihlah entok atau mentok  yang baik yaitu entok atau mentok yang sehat tidak cacat, mempunyai gerakan yang cukup lincah, mempunyai nafsu makan tinggi, mempunyai mata yang cerah dan bulu yang mengilap serta mempunyai warna kotoran yang normal.


b. Kandang Ternak Entok atau Mentok

Ada 2 tipe sangkar untuk ternak entok atau mentok ini, yaitu tipe postal dan tipe baterai.

Tipe postal

Tipe Kandang Postal yaitu tipe sangkar yang biasa dipakai untuk ternak belibis dalam jumlah besar yaitu dalam 1 sangkar ada ratusan bahkan ribuan ekor mentok.

Tipe Baterai

Tipe Kandang Baterai yaitu tipe sangkar yang diperuntukan untuk 1-5 ekor entok sampaumur dalam setiap kandangnya, sangkar ini mempunyai bentuk kotak dengan ukuran sekitar 50cm × 50cm x 45 cm atau sesuai harapan anda. Kandang ini biasanya dibentuk dari bambu atau rangka kawat dengan dilengkapi lampu berdaya 5-10 watt.


c. Pemberian Pakan Mentok atau Entok

Agar cepat besar entok atau mentok ini diberi pakan 2 kali dalam sehari dengan pakan berupa dedak, jagung giling, tepung ikan dan lainnya dan ditambah dengan probiotik. Pemberian pakan tersebut diubahsuaikan dengan ukuran serta umur entok atau mentok tersebut.


d. Perawatan dan Pemanenan Entok atau Mentok

Selain kontribusi pakan bernutrisi, Lakukan pula perawatan berupa vaksinasi terhadap entok walaupun entok populer mempunyai daya tahan badan yang berpengaruh dari penyakit, namun hal ini dilakukan untuk mengantisipasi. Untuk pemanenan sanggup dilakukan diubahsuaikan dengan kebutuhan pasar, bisa diambil dan dijual dikala masih telur atau sudah berupa daging; basanya untuk daging, entok yang diambil yakni entok yang telah berumur 4 bulan dan mempunyai bobot minimal sekitar 2 kg.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Ternak Entok Dengan Praktis Di Belakang Rumah“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Ternak Entok Dengan Mudah Di Belakang Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel