Panduan Lengkap Budidaya Wortel Agar Hasil Panen Maksimal

Panduan Lengkap Cara Budidaya Wortel Agar Hasil Panen Maksimal


Wortel (Daucus carota) ialah tumbuhan biennial atau tumbuhan yang menuntaskan satu kali siklus hidupnya dalam waktu 2 tahun atau kurang yang berasal dari genus Daucus. Tumbuhan ini mempunyai batang bunga yang sanggup tumbuh tinggi berkisar 1 meter, mempunyai bunga berwarna putih, dan belahan yang sanggup dimakan dari tumbuhan ini ialah umbinya yang mempunyai rasa elok langu.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Apiales

Famili: Apiaceae

Genus: Daucus

Spesies: D. carota


Budidaya Wortel


a. Syarat Tumbuh

Wortel sanggup tumbuh di kawasan dataran tinggi dengan ketingian sekitar 1200 mdpl-1500 mdpl, mempunyai tanah gembur, mengandung banyak unsur hara dan subur dengan pH sekitar 6-7 jikalau pH kurang dari 5 lakukan pengapuran dengan dolomit, serta bersuhu udara hirau taacuh serta lembab.


b. Lahan Tanam

Lahan tanam yang akan dipakai untuk budidaya diolah terlrbih dahulu dengan cara dibacak atau di cangkul dengan kedalaman sekitar 40 cm, jikalau sudah digemburkan buatlah bedengan dengan tinggi sekitar 20 sampai 30 cm , lebar sekitar 1 meter dengan panjang menyesuaikan lahan tanam. Kemudian lakukan pemupukan dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan takaran sekitar 15 sampai 20 ton/hektar lahan atau juga sanggup diubahsuaikan dengan tingkat kesuburan tanah lahan tanam. Setelah itu buarlah larikan pada bedengan untuk menaburkan benih wortel dengan kedalaman sekitar 5 cm dan jarak antar larikan sekitar 20 cm.


c. Pembenihan

Pilihlah benih bibit yang baik dan unggul, kemudian bnih tersebut direndam dalan air hirau taacuh selama sekitar sehari semalaman semoga benih cepat berkecambah, Setelah berkecambah tiriskan benih dan letakkan dalam wadah sampai setengah kering, benih siap ditanam dalam lahan tanam. Untuk sekitar 1 hektar lahan diharapkan sekitar 3-5 kg benih wortel.


d. Penanaman Benih

Jika lahan tanam dan benih sudah siap lakukan penanaman, taburkan benih pada larikan bedengan yang telah dibentuk namun sebelumnya bibit di gosok-gosok dengan tangan semoga benih tidak melekat satu dengan yang lain atau campurkan benih pada abu. Jika benih telah ditabur, maka tutup kembali larikan dengan tanah, jikalau tanah kering lakukan penyiraman namun sedikit saja semoga tanah lembab. Setelah 10 hari maka tumbuhan wortel akan tumbuh.


e. Pemeliharaan Tanaman

Setelah tumbuhan wortel berumur sekitar 1 bulan lakukan pemupukan susulan. Untuk tumbuhan wortel organik lakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar atau kompos atau juga sanggup memakai pupuk cair organik. Pemberian pupuk kompos atau upuk sangkar diberikan dengan cara ditabur dan takaran yang diberikan ialah 10 sampai 15 kg/ha.

Untuk budidaya nonorganik sanggup melaksanakan pmupukan dengan memakai pupuk adonan antara urea dan KCl dengan perbandingan 2 : 1 dengan takaran sekitar 300 kg/hektar lahan, pemupukan dilakukan dengan cara ditabur dengan jarak 5 cm dari pangkal tanaman.

Lakukan penyiangan terhadap gulma dan tumbuhan pengganggu lain juga perlu dilakukan, selain itu lakukan penjarangan semoga tumbuhan wortel mempunyai umbi yang sempurna, penjarangan tersebut dilakukan dengan memberi jarak antar tumbuhan sekitar 5 cm-10 cm.


f. Hama Dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tumbuhan serta umbi wortel ialah kutu daun dan ulat tanah semua itu sanggup dibasmi secara manual atau juga sanggup memakai pestisida yang tepat.

Penyakit yang sering menyerang tumbuhan wortel ialah bercak daun dan bintil akar, penyakit tersebut sanggup ditangani dengan memakai pestisida yang tepat.


g. Pemanenan Wortel

Wortel sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 12 ahad atau 3 bulan sehabis penanaman. Jangan telat melaksanakan pemanenan alasannya ialah jikalau terlalu renta dipanen maka umbi akan mempunyai tekstur keras dan rasanya tidak enak.

Pemenana dilakukan dengan cara mencabutnya, sehabis itu umbi yang telah dipanen di bersihkan dari kotoran dengan cara dicuci dengan air bersih. Batang pangkal umbi sanggup di potong atau juga sanggup dibiarkan saja tergantung pasar yang akan dituju. Dalam satu hektarlahan tanam sanggup dihasilkan sekitar 20 sampai 30 ton wortel tergantung varietas wortel yang di tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Budidaya Wortel Agar Hasil Panen Maksimal“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Budidaya Wortel Agar Hasil Panen Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel