Menanam Kentang Dalam Polybag Dengan Mudah Dan Praktis

Cara Menanam Budidaya Kentang Dalam Polybag, Karung Atau Pot Dengan Mudah Dan Praktis


Kentang merupakan tumbuhan yang mempunyai umbi yang disebut kentang pula. Tanaman berjulukan latin Solanum tuberosum merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Solanaceae. Kentang merupakan tumbuhan herba semusim dan menyukai iklim sejuk dan berasal dari Amerika Selatan, pada kawasan beriklim tropis tumbuhan kentang cocok ditanam di kawasan dataran tinggi. Umbi kentang ketika ini telah menjadi salah satu makanan pokok di benua Eropa.


Jika anda ingin melaksanakan budidaya kentang namun anda hanya mempunyai lahan yang sempit, jangan khawatir alasannya ialah anda tetap sanggup menanam kentang dengan memakai polybag tanam. Berikut ialah cara budidaya kentang dalam polybag :


a. Syarat Tumbuh Kentang

Dapat tumbuh dengan tepat pada kawasan dataran tinggi sekitar 1600-3000 mdpl dengan curah hujan sekitar 1200-1500 mm/tahun, kelembaban udara sekitar 80-90%, serta bersuhu sekitar 14°C-22°C, jenis tanag yang baik untuk menanam kentang ialah tanah yang gembur serta mempunyai sedikit berpasir dengan pH sekitar 5-6,5, kalau tanah terlalu asam atau kurang dari 5 maka lakukan pengapuran kalau pH tanah terlalu basa maka lakukan dukungan sulfur sebelum melaksanakan penanaman.


b. Bibit Kentang

Pilihlah bibit dari umbi yang baik, pilih bibit yang tidak cacat, telah mempunyai tunas sekitar 3-5 dengan tinggi sekitar 2 cm atau telah melalui proses penyimpanan selama 4 bulan.


c. Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam

Siapkan polybag tanam yang berukuran sekitar 50 cm x 80 cm sebanyak kentang yang akan ditanam, polybag tanam tersebut perlu mempunyai lubang sekitar 3 sampai 4 di sekeliling polybag tanam untuk sistem drainase. Selain memakai polybag tanam anda sanggup memakai karung ataupun pot. Untuk media tanam anda harus menyiapkannya yaitu adonan antara tanah humus dengan pupuk kompos.


d. Penanaman Kentang Dalam Polybag Tanam

Setelah bibit, polybag tanam serta media tanam siap maka selanjutnya lakukan penanaman, Pertama masukan media tanam dalam polybag setinggi 20 cm-30 cm, sehabis itu tanam bibit kentang dalam kedalaman sekitar 7 cm dengan posisi tunas menghadap atas, dalam 1 polybag tanam, ditanami sekitar 3 atau 4 bibit kentang.


e. Perawatan Tanaman Kentang

Setelah sekitar 10 hari sehabis tanam maka biasanya bibit sudah merat pertumbuhannnya, Setelah tumbuhan berumur 1 bulan lakukan penambahan media tanam pada polybag tanam biar umbi yang telah tumbuh tidak terkena sinar matahari dan umbi kentang tersebut berubah warna menjadi kehijauan dan beracun. Lakukan penyiraman rutin setiap hari atau sanggup dilakukan sesuai dengan kondisi kelembaban media tanam dalam polybag. Lakukan pula pemupukan dengan pupuk cair atau juga pupuk padat. Pupuk cair yang dipakai boleh brand apa saja yang penting kandungan N dan P seimbang. Untuk pupuk padat gunakan pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 1 : 1 dengan takaran 16 g/tanaman atau sekitar 1 sdm/tanaman, sehabis pupuk padat diberikan maka lakukan penyiraman biar pupuk cepat larut dan cepat diserap tanaman.


f. Pemanenan Kentang

Kentang yang ditanam dalam polybag sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 10 ahad sampai 4 bulan sehabis penananam. Sebaiknya lakukan pemanenan umbi kentang sehabis tumbuhan kentang mati semua yang ditandai dengan daun dan ujung batangnya yang mengering. Jika daun dan ujung batang belum mengering maka umbi kentang yang dipanen akan mempunyai mutu yang rendah dan kulitnya gampang lecet.


Demikian artikel pembahasan tentang”Menanam Kentang Dalam Polybag Dengan Mudah Dan Praktis“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Menanam Kentang Dalam Polybag Dengan Mudah Dan Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel