11 Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan 


Kurma merupakan nama tumbuhan palma sekaligus buah yang berasal dari genus Phoenix. Pohon kurma sanggup tumbuh sampai ketinggian sekitar 15 sampai 25 meter. Buah kurma mempunyai bentuk lonjong silinder berukuran panjang sekitar 3 sampai 7 cm dengan diameter sekitar 2cm-3cm. buah kurma mempunyai buah muda berwarna merah cerah ke kuning cerah tergatung varietas jenisnya.


Kurma sangat digemari banyak orang untuk konsumsi alasannya yaitu kandungan gizi serta keuntungannya yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut yaitu papran kandungan gizi serta manfaat kurma:


Kandungan Gizi Kurma/100 gram

Air 18.27

Energi 251 kkal

Protein 2.81 g

Karbohidrat 66.78 g

Serat 7.1 g

Gula 56.38 g

Total lemak 0.35 g

Lemak jenuh 0.0028 g

Kalsium 35 mg

Zat Besi 0.91 mg

Magnesium 38 mg

Fosfor 55 mg

Kalium 484 mg

Sodium 2 mg

Seng 0.26 mg

Vitamin A 9 IU

Vitamin B1 (tiamin) 0.046 mg

Vitamin B2 (riboflavin) 0.059 mg

Vitamin B3 (niasin) 1.134 mg

Vitamin B5 (asam pantotenat) 0.525 mg

Vitamin B6 (piridoxin) 0.147 mg

Vitamin B9 (folat) 17 mcg

Vitamin C 0.4 mg

Vitamin E 0.04 mg

Vitamin K 2.4 mcg

Beta karoten 5 mcg

Lutein dan zeaxantin 67 mcg


Karena kandungan tersebut, kurma mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan badan diantaranya :


1. Dapat mencegah reumatik

Kandungan mineral menyerupai kalsium, kalium, magnesium, welirang dan boron dalam kurma sanggup membantu menjaga kesehatan tulang dan otot sehingga sanggup mencegah terjadinya reumatik. Dengan mengkonsumsi 15 butir buah kurma sanggup memenuhi kebutuhan mineral tersebut.


2. Dapat mencegah kanker otak

Kandungan mineral yang cukup tinggi dalam buah kurma, buah kurma sanggup membantu mencegah terjadinya penyakit kanker otak.


3. Baik Untuk Usus

Kandungan serat dalam buah kurma sanggup membantu membersihkan usus dari sisa masakan yang melekat pada dinding usus dan juga serat tersebut sanggup berfungsi sebagai probiaotik yang mendukung pertumbuhan basil baik pada pencernaan.


4. Dapat membantu mengobati demam berdarah

Menurut sebuah studi buah kurma sanggup membantu meningkatkan kadar trombosit. Sehingga bah kurma ini baik dikonsumsi untuk pasien yang terjangkit demam berdarah.


5. Sebagai sumber antioksidan

Buah kurma mempunyai anti oksidan yang tinggi, antioksidan tersebut mempunyai fungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker jadi mengkonsumsi buah kurma sangat baik.


6. Dapat menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam kurma yang cukup tinggi sanggup membantu menjaga kesehatan jantung anda alasannya yaitu fungsi kalium tersebut yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.


7. Dapat mencegah risiko stroke

Risiko stroke sanggup berkurang sampai 40 % bila mengkonsumsi sekitar 400 mg/100 gram  kalium per hari. Dengan mengkonsumsi kurma minimal sebanyak 5 butir kebutuhan kalium tersebut sanggup terpenuhi dan pastiya akan memperkecil risiko terkena stroke.


8. Dapat membantu mencegah Anemia

Kandungan kalsium dan juga zat besi pada kurma sanggup membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga buah kurma sanggup membantu mencegah anemia aatau kekurangan darah.


9. Dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kerja Otak

Kurma sanggup membantu meningkatkan daya ingat dan kerja otak alasannya yaitu adanya kandungan kalium dalam kurma yang tinggi yang sanggup membantu melancarkan distribusi oksigen dan memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh.


10. Dapat membentu mencegah Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur memang sangat merugikan, keseimbangan badan terganggu alasannya yaitu metabolisme tidak teratur. Namun dengan mengkonsumsi buah kurma sanggup membantu mengurangi atau mencegah tanda-tanda insomnia tersebut alasannya yaitu kandungan vitamin B3 yang ada didalamnya.

11. Dan lainnya.


Demikian artikel pembahasan tentang”11 Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan “, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "11 Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel