18 Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Kandungan Cengkeh Serta Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui


Cengkeh Atau Cengkih (Syzygium aromaticum) merupakan tumbuhan orisinil indonesia yang biasa dipakai untuk bumbu masakan dan sanggup pula sebagai tumbuhan obat. Pohon cengkih sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 45 meter.


Kandungan Gizi yang terdapat pada 100 gram Cengkih antara lain kalori 273 kcal, lemak 13 g, natrium 277 mg, kalium 1.020 mg, karbohidrat 66 g, serat pangan 34 g, gula 2,4 g, protein 6 g, vitamin A 160 IU, vitamin C 0,2 mg, kalsium 632 mg, zat besi 11,8 mg, vitamin B6 0,4 mg dan magnesium 259 mg. Selain itu, Cengkeh juga mempunyai kandungan minyak atsiri sekitar 16%-20%, eugebol seitar 80%-82%, asetil eugenol, vanillin, tannin, serat, air, kariofilen, furfural, metal amilketon, gom, kalsium oksalat, dan asam galatanat serta banyak lagi yang lainnya.


Dengan kandungan tersebut cengkeh mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan badan diantaranya:


1. Dapat mencegah peradangan

Kandungan zat aktif ibarat flavonoid dalam minyak cengkeh yang bersifat anti inflamasi, sanggup mengurangi peradangan pada penyakit contohnya rematik. Rasa hangat pada minyak cengkeh juga sanggup menjadi ekspetoran untuk mengobati banyak sekali kondisi gangguan pada jalan masuk pernapasan.

2. Dapat membantu mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh telah dipakai untuk mengobati sakit gigi selama berabad-abad. Cara mengobatinya ialah dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi.

3. Dapat meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh sanggup membantu mengendurkan lapisan jalan masuk pencernaan sehingga cengkeh sanggup pula membantu meringankan diare, muntah, sakit perut dan gas usus. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya lantaran cengkeh mempunyai zat yang cukup berpengaruh yang sanggup mengiritasi lambung.

4. Dapat mengatasi mual dan muntah

Cengkeh dan minyak cengkeh mempunyai banyak sekali kandungan yang sangat apuh untuk mengatasi mual dan muntah.

5. Dapat menjaga badan biar tetap hangat

Cengkeh sanggup dijadikan herbal yang sanggup menjaga badan biar tetap hangat baik itu dengan cara mengunyah cengkeh secara pribadi atau mengoleskan minyak cengkeh ke tubuh.

6. Dapat membantu mengatasi pilek

Pilek sanggup diatasi dengan cengkeh yaitu dengan meminum minyak cengkeh yang dicampur madu sebanyak 1-2 kali sehari atau bisa juga dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada hidung.

7. Dapat menyehatkan jantung

Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang berarti sanggup mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

8. Dapat mengatasi sinusitis

Pemanfaatan cengkeh untuk mengatasi sinusitis sanggup dilakukan dengan meletakkan debu cengkeh di dalam hidung.

9. Dapat meringankan jerawat jalan masuk pernapasan

Kandungan banyak sekali antioksidan dalam cengkeh dan juga kandungan banyak sekali zat yang sanggup menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman penyebab jerawat jalan masuk pernapasan.

10. Dapat membantu meredakan batuk

Dengan mengunyah cengkeh sanggup membantu meredakan batuk yang disebabkan oleh gatal pada tenggorokan, memang rasanya agak getir dan pahit namun kandungan kimia didalamnya bisa menjadi ekspetoran alami yang sanggup mengencerkan dahak.

11. Dapat menghilangkan noda dan guratan pada kulit

Minyak cengkeh sanggup membantu menghilangkan noda dan guratan pada kulit tanggapan luka ataupun yang lainnya.

12. Dapat mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat dengan cengkeh yaitu dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada kawasan yang berjerawat.

13. Dapat mencegah rambut rontok

Caranya: Oleskanlah minyak cengkeh pada kulit kepala secara merata kemudian diamkan selama 5 sampai 15 menit gres sesudah itu dibilas.

14. Dapat dijadikan kondisioner

Minyak cengkeh sanggup dimanfaatkan sebagai kondisioner yang sanggup membantu memperbaiki problem rambut ibarat rambut kering dan lain sebagainya.

15. Antibakteri dan Anti Jamur

Cengkeh secara alami efektif melawan basil terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh mengandung eugenol yang mempunyai sifat anti jamur yang efektif sanggup mengatasi penyakit kulit.

16. Dapat sebagai pengusir nyamuk

17. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Cengkeh diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dan sanggup membantu melawan banyak sekali penyakit tingkat reguler sampai mematikan.

18. Dapat sebagai perangsang seksual

Secara tradisional cengkeh dianggap mempunyai sifat afrodisiak untuk menaikkan syahwat dan juga dalam sebuah eksperimen menyampaikan cengkeh bisa untuk mengatasi ejakulasi dini.


Demikian artikel pembahasan tentang”18 Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "18 Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel