Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Bagi Pemula Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah


Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan mujair tersebar di perairan Afrika dan Indonesia, di Indonesia ikan mujair pertama kali ditemukan pada tahun 1939 oleh Pak Mujair di muara sungai serang. Ikan Mujaer mempunyai ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 40 cm, mempunyai bentuk badan yang pipih dengan warna badan hitam, abu, kuning atau kecoklatan.

Berikut yaitu cara budidaya ikan mujair:


a. Pemilihan Indukan Ikan Mujair

Pilihlah indukan yang baik dan sehat, mempunyai produktivitas benih yang besar dan berkualitas, responsif ketika diberi pakan, mempunyai bobot sebesar 100 gram. Namun untuk memilih induk betina dan jantan anda sanggup melihat dari fisiknya, berikut yaitu ciri betina dan jantan:

Betina



  • Memiliki 3 lubang pada bab urogenetial, yaitu dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urine

  • Mamiliki ujung sirip berwarna kemerah-merahan pucat tidak jelas

  • Memiliki perut berwarna lebih putih

  • Memiliki dagu berwarna putih

  • Jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan


Jantan



  • Pada bab urogenetial mempunyai 2 lubang yaitu anus dan lubang sperma merangkap lubang urine

  • Memiliki ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang dan jelas

  • Memiliki perut berwarna lebih gelap atau kehitam-hitaman


b. Pemijahan Ikan Mujair

Siapkan bak berukuran 3 m x4 m untuk pemijahan, kedalaman air dibentuk setinggi 60 cm dan bab dasar bak diberi lumpur halus semoga ikan mujair lebih gampang menciptakan sarang. Setelah bak siap selanjutnya masukan indukan dalam bak sdengan perbandingan antara jantan dan betina yaitu 3 : 2. Maka, pemijahan akan mulai berlangsung. Setelah pembuahan selesai, telur akan dikumpulkan dan dijaga induk betina dalam mulutnya untuk inkubasi sampai telur menetas. Setelah 3 sampai 5 hari telur akan menetas., dan sesudah 2 ahad menetas maka larva ikan akan dilepas indukan semoga sanggup mencari masakan sendiri.


c. Persiapan Kolam Budidaya

Kolam untuk budidaya ikan mujair sanggup berupa bak terpal, bak tanah atau bak semen. Jika lokasi sudah ditentukan, selanjutnya buat bak dengan ukuran 50x50x100 m2 atau diadaptasi dengan impian dan kebutuhan anda. Apabila bak telah siap selanjutnya lakukan pengeringan selama 2 sampai 3 minggu. Setelah itu, lakkan pengapuran dan diamkan kembali selama 4 sampai 5 hari.


d. Penebaran Bibit

Setelah bibit dan bak siap, segera lakukan penebaran bibit ikan mujair tersebut. Untuk menghasilkan ikan dengan kuantitas yang telah ditargetkan maka tebar bibit dengan kepadatan 400 sampai 500 ekor dalam kolam.


e. Pemberian Pakan Ikan Mujair

Selain pakan alami yang ada dalam kolam, diberikan juga ikan mujair dengan pakan pemanis berupa pellet dengan kadungan protein sekitar 28%, lemak sekitar 30%, dan karbohidrat sekitar 15%. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 2x sampai 3x sehari yaitu pada pagi, siang, dan sore hari.


f. Pergantian Air Kolam

Lakukan pergantian air bak secara teratur yaitu 2-3 ahad sekali semoga tidak terjadi penumpukan sisa masakan yang sanggup menyebabkan banyak sekali penyakit pada ikan.


g. Pemanenan Ikan Mujair

Setelah 4 sampai 5 bulan sesudah ditebar, ikan mujair sudah sanggup dipanen. Pemanenan dilakukan dengan cara melaksanakan pengeringan kolam, penjaringan atau melaksanakan penangkapan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel