Cara Mudah Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula

Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula – Udang hias ialah jenis udang dengan corak warna yang indah dan juga unik, jadi udang jenis ini sering disebut dengan ikan udang hias. Dengan keindahan yang dimiliki oleh udang ini tak heran kalau banyak pecinta ikan hias yang memeliharanya.


Harga jual yang tinggi untuk udang hias ini, menciptakan banyak orang berusaha untuk melaksanakan budidaya. Selain nilai jualnya yang tinggi, udang hias ini tidak terlalu sulit untuk dikembang biakan.


Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar


Udang hias ini sanggup menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungannya walaupun ia hidup di air yang keruh. Udang hias ini sanggup bertahan hidup pada air dengan pH 6,8 sampai 8,0.


Jenis Udang Hias Air Tawar


Terdapat aneka macam jenis udang hias air tawar, diantaranya: udang hias red bee, udang red cherry, cardinal shrimp, red nose, neon shrimp, bumble bee, vampire shrimp, blue cherry, black king kong, black bee, red fire, yellow, sunkist, green, blue pearl, blue bolt, amano, snow white, yellow tiger dan lain sebagainya. Anda tinggal menentukan mana yang akan anda budidaya, apakah anda akan budidaya udang hias red bee atau budidaua udang red cherry atau yang lainnya.


Memilih Mitra Hidup Udang Hias Dalam Akuarium


Untuk menentukan kawan hidup atau matetank untuk udang hias terbilang cukup sulit. Apabila di akuarium ada ikan yang berukuran lebih besar, maka udang akan kerat bersembunyi alasannya ialah merasa terancam. Ikan yang sanggup hidup berdampingan dengan udang hias ini yaitu ikan tetra, ikan plati dan ikan tabr alasannya ialah ketiga ikan tersebut mempunyai postur yang hampir sama dengan udang hias. Sedangkan ikan yang dihentikan hidup bersaan dengan udang hias ini yaitu ikan cupang, ikan cichild dan ikan catfish alasannya ialah ketiga ikan tersebut sanggup membunuh udang hias dalam akuarium.


Namun apabila diberi pilihan, akan lebih baik udang hias didampingkan dengan satu jenis. Dalam sebuah akuarium dengan volume air sebesar 2,5 galon, itu sanggup dipakai untuk memelihara sebanyak 10-20 ekor udang hias.


Cara Memelihara Udang Hias


Pemeliharaan yang perlu dilakukan dalam akuarium yaitu mengatur akuarium menyerupai habitat orisinil udang hias di habitat aslinya. Tambahkan substrat berupa adonan pasir halus dan beberapa kerikil berukuran sedang, masukkan pula sedikit kerikil karang untuk rumah dan juga daerah persembunyian udang serta masukkan pula sedikit lumut jawa sebagai tumbuhan dasar dalam akuarium.


Pakan Udang Hias


Udang hias jenis Neocardina sanggup diberi pakan berupa sayur-sayuran berwarna hijau menyerupai selada beku, alga, kubis dan spirulina tablet. Udang hias jenis Pearl sanggup diberi pakan berbahan dasar daging atau tablet. Sedangkan udang jenis Macrobachium sanggup diberi pakan berupa cacing darah beku, udang renik dan cacing rambut.


Cara Memgembangbiakan Udang Hias


Membedakan udang hias jantan dan betina memang sangat sulit, alasannya ialah dalam segi warna, antara jantan dan betina mempunyai corak warna yang sama.Sehingga banyak para pembudidaya mencampurkan sekitar 50 ekor induk dalam satu wadah secara gambling atau acak.


Setelah sekitar satu ahad maka akan tampak butiran telur menempel pada induk betina sebelum kesannya telur-telur itu menetas. Nah pada ketika itulah gres diketahui yang mempunyai telur diperutnya ialah udang hias betina.


Agar butiran telur tersebut sanggup menetas dengan baik maka perlu menambahkan aerator dalam akuarium, aerator tersebut berfungsi untuk mengurangi tingkat simpulan hidup alasannya ialah bertindak sebagai sirkulasi udara di dalam air.


Setelah 15 hari dari proses bertelur maka induk sanggup dikawinkan lagi dengan menempatkan dalam satu wadah yang sama. Baru sesudah berumur sekitar 2 bulan udang hias sanggup dipanen dan dijual dengan harga yang tidak mengecewakan cukup tinggi.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel