Cara Sukses Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah

Cara Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah – Pandan atau Pandan Wangi yakni salah satu jenis tumbuhan monokotil dari pandanaceae yang mempunyai daun beraroma anyir yang khas. Daun pandan bianya dipakai untuk pengharum kuliner ringan bagus atau kuliner bahkan ruangan, pewarna kuliner selain daun suji, serta untuk penghias makanan. Pandan anyir ini banyak dipakai dalam tradisi kuliner Indonesia dan negara di Asia Tenggara lainnya. Nama ilmiah pandan anyir yakni Pandanus amaryllifolius.


Tanaman pandan sangatlah gampang dijumpai dipekarangan atau tumbuh di tepi selokan yang teduh. Tanaman pandan mempunyai akar tunggang yang besar, daunnya memanjang dengan panjang sanggup mencapai sekitar 60 cm dan tersusun roset rapat. Di beberapa spesies ada yang mempunyai tepi daun bergerigi.


Banyak orang sekarang menanam pandan baik dipekarangan rumah atau pot tanam. Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara menanam pandan dalam pot:


Cara Menanam Pandan Dalam Pot


Pemilihan Bibit Pandan


Umumnya, pandan dibudidayakan secara vegetatif melalui anakan atau tunas. Pilihlah tunas yang sehat untuk ditanam. Bibit yang dipakai diusahakan mempunyai akar gantung sebab kalau tidak biasanya pandan tidak tumbuh.


Persiapan Pot dan Media Tanam Pandan


Pot tanam yang dipakai sanggup berupa pot yang kita beli ditoko atau wadah lain menyerupai polybag, bejana bekas ataupun yang lainnya. Jika pot sudah siap, selanjutnya siapkan media tanam pandan yaitu berupa gabungan tanah, pupuk kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 1.


Penanaman Pandan Dalam Pot


Jika semua sudah siap maka segera lakukan penanaman. Pertama isi sepertiga cuilan pot tanam dengan pecahan atau tau genting kemudian masukkan media tanam sampai setengah cuilan pot tanam. Setelah itu, buat lubang tanam di tengah media tanam kemudian tanam bibit pandan yang telah disiapkan ditanam dan timbun kembali dengan media tanam sampai media tanam hampir penuh. Setelah penanaman final lakukan penyiraman, sampai semua basah.


Perawatan Pandan Dalam Pot


Letakkan pot yang telah ditanami pandan ditempat yang teduh. Lakukan perawatan berupa penyiraman setiap hari, selain penyiraman lakukan pula perawatan berupa pemupukan dengan memakai pupuk organik. Lakukan pula pemangkasan dan pemindahan ke pot lain kalau anda ingin pandan berukuran besar. Dengan perawatan yang baik, pandan sanggup dipanen sesudah dua sampai tiga bulan setalh tanam dan sanggup bertahan sampai 1-2 tahun.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel