Cara Mudah Menanam Bunga Kitolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah dengan Benar

Cara Menanam Bunga Ki Tolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah – Tanaman bunga kitolod (Isotoma longiflora) ialah tumbuhan yang berguna untuk menyembuhkan sakit mata menyerupai katarak, mata minus, mata plus, rabun jauh, rabun akrab dan lain sebagainya. Kitolod mempunyai nama lain yaitu kembang jangar atau bunga katarak atau bunga bintang lima atau bunga korejat.


Ciri-Ciri kitolod diantaranya merupakan terna tegak yang sanggup tumbuh sampai ketinggian 60 cm, bercabang dari pangkalnya, serta bergetah putih dengan rasa tajam yang beracun, berdaun tunggal, duduk dan berbentuk lanset dengan ujung runcing dan pangkal menyempit. Tepi daunnya bergerigi sampai melekuk dengan panjang daun 5-17 cm dan berwarna hijau. Bunga ki tolod tunggal, tegak, bertangkai panjang, bunga ini keluar dari bab ketiak daun dengan bentuk mahkota menyerupai bintang, dan berwarna putih. Buahnya kotak, berbentuk lonceng, merunduk dengan banyakbiji.


Karena khasiatnya untuk kesehatan mata, banyak orang yang menanamnya sebagai tumbuhan obat di rumah mereka. Tanaman ki talod ini sanggup ditanam di polybag/pot tanam maupun di lahan langsung. Bagi anda yang ingin menanam bunga ki talod ini, berikut selengkapnya:


Cara Menanam Tanaman Ki Tolod


Persiapan Pot/Polybag dan Media Tanam


Pot atau polybag yang akan dipakai untuk menanam bunga ki talod ini dipilih yang mempunyai diameter sekitar 25 cm. Selain memakai pot/polybag yang kemungkinan anda harus beli, anda sanggup memakai bejana bekas atau kantung plastik bekas.


Media tanam yang perlu disiapkan yaitu adonan bokhasi atau kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 dan tambahkan insektisida furadan kemudian campur dan aduk sampai merata. Jika sudah siap, masukan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang telah disiapkan.


Persiapan Bibit Bunga Ki Tolod


Bibit bunga ki tolod ini diperoleh dari buah kitolod yang sudah renta dan juga mengering. Bunga-bunga tersebut diambil kemudian digosokan biar terpisah dari pembungkusnya. Setelah itu, jemur biji sampai kering.


Cara Menanam Ki Talod


Pertama, siram pot atau polybag yang telah berisi media tanam sampai berair merata, sesudah itu tebarkan biji benih ki talod secara merata pada pot atau polybag kemudian tutup kembali dengan tanah halus tipis saja.


Perawatan Tanaman Bunga Kitolod


Penyiraman

Lakukan penyiraman sebanyak satu kali dalam sehari atau jikalau media tanam terlihat agak kering dengan air yang tidak deras biar biji tidak terbawa air.


Penjarangan

Apabila tumbuhan ki talod tumbuh terlalu rapat, lakukan penjarangan dan tanam di pot atau polybag lain biar jaraknya ideal dan tumbuhan sanggup tumbuh ideal.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Penyiangan ini sanggup dilakukan setiap 2 ahad sekali atau jikalau sudah banyak terlihat rumput liar.


Pemupukan

Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kompos atau pupuk bokhasi dengan cara sitebar disekitar tumbuhan kemudian sesudah itu lakukan penyiraman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Kitolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Bunga Kitolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel