Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan baronang ialah salah satu jenis ikan yang termasuk dalam spesies siganus sp. terdapat sekitar 28 jenis ikan baronang, di Indonesia terdapat 7 spesies ikan baronang (siganus sp.) diantaranya Siganus javus, S. argentinzaculatus, S. vermiculatus, S. guttatus, S. spinus, S. Rivulatus, dan S. canaliculatus.


Klasifikasi Ikan Baronang

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Superkelas: Osteichthyes

Kelas: Actinopterygii

Subkelas: Neopterygii

Infrakelas: Teleostei

Superordo: Acanthopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Siganidae

Genus: Siganus


Cara Budidaya Pembenihan Ikan Baronang


Pemilihan Indukan Ikan Baronang


Induk ikan baronang yang memenuhi kriteria standar yakni berwarna cerah, mempunyai organ badan lengkap (tidak cacat), badan kenyal dan gerakan aktif. Sebelum induk di pelihara dalam kolam pemeliharaan induk terlebih dahulu diadaptasikan lingkungan terutama suhu dan salinitas.


Ciri-Ciri Ikan Baronang Betina



  • Ukuran ikan betina lebih besar dari jantan

  • Perut bab bawah ikan betina lebih besar

  • Lubang genital ikan baronang betina lebih besar

  • Ukuran baronang betina terutama matang telur yaitu panjang baku 130-210 mm

  • Berat Betina sekitar 300-450

  • Apabila bab perut beronang diurut, cairan keluar berwarna jingga dari lubang genital


Ciri-Ciri Ikan Baronang Jantan



  • Ukuran baronang jantan terutama matang telur yaitu panjang baku 110-140 mm

  • Berat Jantan sekitar 250.


Pemeliharaan Induk Ikan Baronang


Pemeliharaan induk ikan baronang sanggup berupa kolam beton berukuran 3 m3 dengan perbandingan jantan dan betina 1:1.


Pakan yang diberikan pada indukan sanggup berupa pakan pelet sebanyak 3-5% bobot ikan. Pemberian pakan ini dilakukan detiap 2-3 kali sehari.


Metode Pemijahan Ikan Baronang


Pemijahan alami Ikan Baronang

Induk ikan baronang umumnya memijah pada bulan gelap, waktu memijah sekitar petang menjelang malam atau dini hari menjelang subuh. Ikan baronang memijah umumnya pada bulan Februari sampai September.


Pemijahan Ikan Baronang dengan stripping

Stripping sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu cara kering dan cara basah.



  • Stripping cara basah

    Sel telur dan sperma hasil stripping dicampur dalam air maritim yang telah disterilisasi dan dibiarkan selama sekitar 10 menit, kemudian dicuci dan dipindahkan ke dalam kolam penetasan.

  • Stripping cara kering

    Sel telur hasil stripping dari induk betina dicampur dengan sperma jantan, pencampuran dilakukan dengan bulu ayam atau bulu bebek, kemudian dibiarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, basuh dengan air maritim yang telah disaring dan disterilisasi, gres telur dipindahkan ke kolam penetasan.


Pemijahan Ikan Baronang dengan hormon

Induk ikan yang sudah matang telur dirangsang untuk memijah dengan diberi hormon gonadotropin. Induk betina disuntik dengan 500 MU dan induk jantan disuntik dengan 250 MU (mouse unit). Biasanya sehabis 6 -8 jam ikan akan memijah.


Penetasan Telur Ikan Baronang


Persiapan

Bersihkan kolam penetasan dengan memakai materi kimia chlorin dengan takaran 200 ppm. Kualitas air menyerupai oksigen, pH, salintas, suhu, kecerahan, kandungan gas dan logam berat harus dijaga biar tidak melebihi batas ambangnya.


Penetasan

Telur yang dibuahi akan menetas dalam waktu 22-24 jam pada suhu air 26-28 derajat celcius. Telur yang tidak dibuahi akan karam ke dasar bak.


Pemeliharaan Larva Ikan Baronang


Lakukan perawatan larva dengan seksama terutama sehabis kuning telurnya habis. Pada tahap ini, larva diberi pakan hidup alami berupa chlorella sp, rotifera dan daging ikan yang dicincang.


Air maritim yang dipakai untuk pemeliharaan larva yaitu air maritim yang sudah mengalami beberapa saringan, pertama melalui saringan pasir kemudian saringan millipore yang berdiameter 10 dan 15 mikron. Pembersihan tangki harus dilakukan secara periodik dengan memakai siphon (pipa plastik), larva telah berumur antara 7-20 hari, dasar tangki harus dibersihkan setiap 2 hari sekali, jikalau larva berumur di atas 21 hari pencucian dasar tangki dilakukan setiap hari.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel