Kombinasi Cabai Dan Ikan Nila

Sepetak lahan cabe itu menyerupai berteman dengan bak ikan nila yang terpisah jarak tak hingga 2 meter. Kolam nila tersebut selain menjadi lokasi pembesaran nila, juga mengontrol pemakaian pestisida pada penanaman cabai.


Itulah aplikasi agri-aqua system yang sekarang dikembangkan di Thailand Utara. Sinergi antara hortikultura dan perikanan memberi laba berlipat ganda bagi pelakunya.


Sistem yang dikembangkan bersama oleh peneliti dari Institute of Aquaculture, University of Striling di Inggris dan Asian Institute of Technology Klong Luang di Pathumthani, Thailand itu bertujuan meminimalis pemakaian pestisida yang berlebihan pada penanaman cabai.


Menurut Orawat Kiatichaiprasop, peneliti dari Asian Institute of Technology, sistem tersebut menciptakan pertanian kondusif bagi lingkungan. Nah, bak yang semula digunakan sebagai sumber air disulap menjadi kontrol.


Berdasarkan siklus pedoman pestisida, senyawa aktif pembasmi hama dan penyakit yang disemprot pada tanaman serta merta akan masuk ke bak melalui tanah, hembusan angin, dan run off.


Sepetak lahan cabe itu menyerupai berteman dengan bak ikan nila yang terpisah jarak tak sa Kombinasi Cabai Dan Ikan NilaBila kemudian dijumpai ikan mati, sanggup disimpulkan pemakaian pestisida sudah jauh melampaui ambang batas aman. Cara tersebut memberi laba ganda. Saat cabe siap dipetik, nila pun siap dipanen.


Modifikasi lainnya yaitu menggunakan susukan sebagai kontrol. Kanal tersebut terlihat mengitari sisi dalam dan luar lahan. Keuntungan cara tersebut ikan yang ditebar sanggup lebih padat.


Kolaborasi menguntungkan antara pertanian dan perikanan juga dikembangkan oleh World Fish Center di Penang Malaysia. Sistem yang disebut Integrated Agriculture-Aquaculture (IAA) tampak lebih rumit sebab cakupan ekosistem yang disentuh lebih banyak. IAA juga memperhitungkan nilai sosial ekonomi yang akan dicapai.


Sebagai citra salah satu cuilan dari IAA, kotoran unggas sanggup digunakan sebagai sumber pupuk bagi sayuran dan penumbuh plankton di bak ikan. Kolam ikan pun selain berfungsi sebagai daerah budidaya, digunakan pula untuk daerah menanam kangkung dan talas-talasan. Di cuilan lain IAA, diterapkan pula sistem mina padi yang sudah banyak diaplikasi pekebun di tanahair.


Belum ada Komentar untuk "Kombinasi Cabai Dan Ikan Nila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel