Panen Jeruk Dengan Cekaman Air

 Hal itu menjadi hambatan jikalau ingin membuahkan jeruk pada demam isu hujan Panen Jeruk Dengan Cekaman Air


Ingin pohon jeruk berbuah di luar musim? Ini kiatnya: lakukan teknik cekaman air. Supaya berbunga, jeruk butuh periode kering selama 3-4 bulan. Hal itu menjadi hambatan jikalau ingin membuahkan jeruk pada demam isu hujan.


Perlakuan cekaman air manjur dan efektif merangsang pembungaan. Bagaimana cara kerjanya? Inti dari cekaman air ialah mengurangi air di sekitar perakaran tanaman. Di sekeliling tumbuhan dibentuk parit melingkar sedalam 30-40 cm. Masing-masing parit bermuara pada satu terusan lebih besar. Selanjutnya, pakai mulsa plastik untuk menutupi akar tumbuhan di sekitar tajuk supaya mengurangi absorpsi air pada demam isu hujan.


Cekaman air dilakukan selama 1-2 bulan hingga tumbuhan menjadi stres yang ditandai dengan daun layu, kusam, dan bentuknya melengkung. Bila kondisi sudah ibarat itu, cekaman air tidak boleh dan mulsa plastik dibuka supaya daun tidak rontok. Selanjutnya, biarkan tumbuhan tersiram air hujan. Satu pekan berikutnya, tunas gres dan bunga mulai muncul.


Sejatinya, tanpa perlakuan pun tunas gres tetap muncul, tapi tidak diikuti keluarnya bunga. Jumlahnya pun lebih sedikit alasannya ialah tunas tersebut menjadi calon daun baru. Munculnya tunas tersebut mengakibatkan tumbuhan tidak mengalami stres terlebih dahulu.


Belum ada Komentar untuk "Panen Jeruk Dengan Cekaman Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel