Waspada Dedak Dioplos Sekam

Dedak ditetes larutan Florogucinol tetap berwarna cokelat Waspada Dedak Dioplos Sekam

Dedak ditetes larutan Florogucinol tetap berwarna cokelat


Warsim, peternak ayam petelur di Sleman, Yogyakarta semenjak setahun terakhir sering mengeluhkan produksi 500 ayam petelurnya kerap naik-turun. Warsim tak pernah mengira biang kerok penurunan produksi telur itu karena pakan dedak yang rutin diberikan sebagai pengganti konsentrat pabrik sudah dioplos atau dicampurkan materi lain, yakni sekam.


Sejatinya dedak merupakan hasil pengilingan padi berupa belahan kulit beras yang halus. Dedak masih mengandung 65% zat gizi mikro penting, banyak sekali vitamin (thiamin, niacin, dan vitamin B6), mineral (besi, fosfor, magnesium, dan potassium), asam amino, dan asam lemak esensial.


Pemanfaatan dedak sebagai materi pakan ternak dan unggas sudah lazim diterapkan. Pada pembibitan sapi misalnya, dedak sanggup menggantikan konsentrat pabrik sampai 100%. Sayangnya ketersediaan dedak untuk pakan ternak seringkali terkendala pasokan. Oleh karena itu pada ketika dedak sulit dicari, para penjual dedak seringkali mengurangi mutu dedak untuk mendapat laba yang lebih besar.


Salah satu modus pengurangan mutu dedak dilakukan dengan mencampurkan sekam yang sudah digiling ke dalam dedak. Sekam ialah kulit gabah hasil samping dari proses penggilingan padi. Sekam tidak layak sebagai materi pakan ternak karena mengandung sampai 35% serat kasar. Pakan dedak dengan kandungan sekam 10%  tidak terlalu besar lengan berkuasa terhadap produktivitas ternak, tapi kalau persentasenya di atas 10% sanggup besar lengan berkuasa terhadap produksi terutama pada unggas ibarat menimpa Warsim.


Pengujian kandungan sekam pada dedak sanggup dilakukan di laboratorium, tetapi butuh waktu cukup lama. Namun hal itu sanggup dipecahkan dengan menciptakan larutan Florogucinol yang terbuat dari 200 ml HCl 2 N + 50 ml etanol + 2,5 gram Florogucinol. Larutan itu sanggup diuji pada dedak dengan cara meneteskan sebanyak 20 ml pada 2 gram dedak. Apabila jadinya terbentuk warna merah membuktikan dedak mengandung sekam.


Dedak ditetes larutan Florogucinol tetap berwarna cokelat Waspada Dedak Dioplos Sekam

Dedak dioplos sekam ditetesi larutan Florogucinol berwarna merah


Dedak ditetes larutan Florogucinol tetap berwarna cokelat Waspada Dedak Dioplos Sekam

Sekam ditetes larutan Florogucinol berwarna merah


Belum ada Komentar untuk "Waspada Dedak Dioplos Sekam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel