Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Dan Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah


Cengkih atau Cengkih ialah tangkai bunga kering yang mempunyai aroma dari famili Myrtaceae. Cengkih merupakan tumbuhan orisinil Indonesia yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotils

(tidak termasuk): Rosids

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: S. aromaticum


Cengkeh menjadi salah satu komoditi pertanian yang penting dalam perdagangan, jadi banyak orang yang membudidayakan cengkeh alasannya ialah rempah ini selain untuk memenuhi undangan lokal, rempah ini juga untuk memenuhi undangan luar negeri.


Cara Menanam Atau Budidaya Cengkeh


a. Syarat Tumbuh

Cengkeh sanggup tumbuh dengan baik pada tempat beriklim panas dengan curah hujan merata. Suhu udara yang baik untuk budidaya cegkeh ialah sekitar 22°C hungga 30°C dengan curah hujan sekitar 1500 mm – 4500 mm/ tahun. Tanah yang baik untuk menanam cengkih ialah tanah yang gembur, tidak berpadas, berlapis tanah liat dan tanah berpasir.


b. Penyemaian Bibit Cengkih

Pilihlah bibit cengkih atau cengkeh yang berkualitas manis yaitu berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman, Lalu kulit buahnya dikupas dengan perlahan, sesudah itu rendam dalam air selama lebih kurang 24 jam. Setelah direndam, basuh kembali sambil digosok dan diaduk dalam air sebanyak 2 hingga 3 kali pembersihan hingga lendir benar-benar hilang.


Penyemaian bibit cengkih dilakukan dengan menggunkan polybag tanam, polybag tanam diisi dengan memakai media tanam berupa tanah gembur yang dicampur dengan pupuk sangkar , sesudah itu siram media tanam kemudian semaikan biji benih dengan posisi penggalan yang agak meruncing diatas kemudian timbun kembali dengan tanah. Benih yang baik akan tumbuh kurang dari 3 ahad sesudah penyemaian.


Kelembaban media tanam perlu dijaga yaitu dengan melaksanakan penyiraman dengan hati-hati jangan hingga merusak bibit cengkih. Tempatkan bibit pada tempat yang teduh dan hanya berpotensi terkena matahari 25%. Untuk memindahkan bibit pada lahan tanam, tunggu hingga bibit berumur 1 hingga 2 tahun.


c. Penanaman Bibit Cengkih

Lahan tanam yang akan dipakai untuk menanam cengkih di bersihkah dahulu dari gulma, kemudian tanah dibajak atau dicangkul kemudian digaruk hingga tanah menjadi gembur kemudian diberi pupuk kandang. Buatlah juga drainase tanah, Lalu diamkan beberapa hari. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang tanam sekitar 8 meter x 8 meter, kemudian masukkan bibit dalam lubang tanam secara hati-hati, timbun kembali bibit dengan tanah yang dicampur pupuk sangkar kembali.


d. Perawatan Tanaman Cengkih

Lakukan perawatan pada tumbuhan cengkih secara intensif dari usia tanam 1 tahun hingga 4 tahun. Lakukan penyiangan pada gulma yang mengganggu tumbuhan cengkih dengan cangkul secara rutin. Lakukan pula pemupukan secara terjadwal yaitu pada 2 tahun pertama pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan pupuk NPK sebanyak 1,5 kg / pohon. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkannnya mengelilingi pohon cengkeh dengan lebar sama dengan lebar tajuk pohon. Lakukan pula pengendalian penyakit yang menyerang tumbuhan cengkih dengan tepat.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel