Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi

Cara Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi


Kemangi  (Ocimum basilicum) adalah tumbuhan perdu yang mempunyai ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga mempunyai aroma daun yang khas. Kemangi biasanya dipakai untuk lalapan atau juga sebagai adonan masakan menyerupai pindang, pepes dan aneka macam macam masakan lainnya. Karena manfaatnya, kemangi banyak ditanam dan dibudidayakan. Berikut ialah cara budidaya tanam kemangi:


a.Persiapan Lahan Tanam Kemangi

Lahan yang akan ditanami kemangi harus dilakukan penggemburan dahulu dengan cara dicangkul. Setelah tanah lahan gembur, selanjutnya buatlah bedengan atau guludam dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dan panjang diadaptasi dengan lahan atau kebutuhan tanam.


Apabila bedengan atau guludan telah jadi, selanjutnya taburkan pupuk sangkar atau pupuk kompos secara merata pada bedengan atau guludan tersebut kemudian aduk dengan memakai cangkul semoga pupuk sangkar tercampur rata dengan tanah bedengan.


Diamkan lahan tanam yang telah disiapkan selama 2 sampai 3 hari, semoga sanggup mengembalikan kondisi unsur hara sehabis dilakukan penggemburan atau semoga tanah kembali stabil.


b. Persiapan Benih Kemangi

Benih kemangi diperoleh dari bungakemangi yang telah renta yang ditandai dengan warnanya yang tadinya hijau berubah warna kecoklatan dan mengering. Ambil beberapa tangkai bunga kemangi yang sudah kering tersebut dan jemur kembali dengan di letakkan pada bantalan atau wadah. Jika dirasa biji bunga sudah cukup kering, ambil dan tempatkan pada daerah yang teduh untuk dingin-anginkan.


c. Penanaman Benih Kemangi

Jika lahan tanam dan bibit telah siap maka selanjutnya lakukan penanaman benih tersebut. Penanaman ini dilakukan dengan cara menaburkan biji-biji kemangi secara merata pada bedengan atau guludan yang telah disiapkan di lahan tanam. Selanjutnya tutup kembali biji-biji kemangi tersebut dengan tanah secara tipis. Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman tersebut jangan dilakukan terlalu kencang, sebab sanggup merusak lahan tanam dan juga sanggup menciptakan biji kemangi terbawa air.


d. Perawatan tumbuhan Kemangi

Setelah 5 hari sampai 7 hari sehabis penebaran, tumbuhan kemangi akan mulai tumbuh. Penyiraman tetap dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari. Jika semua biji telah tumbuh, maka langkah selanjutnya anda perlu melaksanakan melakukan perenggangan tumbuhan kemangi. Apabila tumbuhan kemangi tumbuh terlalu rapat maka lakukan pemindahan sampai tumbuhan terlihat renggang. Perenggangan tersebut, sebaiknya dilakukan pada ketika tumbuhan kemangi masih kecil atau ketika masih mempunyai daun berjumlah 4 sampai 5 helai.


Penyiangan atau pencucian area lahan tanam dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya perlu dilakukan, semoga tumbuhan kemangi sanggup tumbuh dengan subur. Selain itu,jika pada daun kemangi ada hama ulat atau hama lainnya maka segerasingkirkan atau buang cuilan yang terserang. Jangan gunakan pestisida untuk membasmi hama tersebut sebab nantinya kemangi tidak baik jikalau dikonsumsi.


e. Pemanenan Kemangi

Jika tumbuhan kemangi dirasa sudah cukup tinggi maka sanggup dilakukan pemanenan. Pemanenan tersebut dilakukan dengan cara memotong tumbuhan kemangi memakai gunting atau pisau di atas dua daun pertama. Pemanenan dengan cara pemotongan tersebut dilakukan dengan tujuan semoga kemangi sanggup tumbuh tunas kembali dan menghasilkan pucuk-pucuk baru. Setelah pemanenan, basuh daun-daun kemangi tersebut dengan air sampai bersih, jikalau sudah selanjutnya ikat daun-kemangi tersebut dan kemangi siap di jual.


Selain dengan bedengan atau guludan, tumbuhan kemangi juga sanggup ditanam atau dibudidayakan di dalam pot atau polybag. Cara penanaman kemangi dalam pot atau polybag tanam tersebut hampir sama dengan menanam tumbuhan sayuran lain yang ditanam pada pot atau polybag. Jika anda tidak ingin ribet penanaman juga sanggup dilakukan dengan hanya memilih lokasi penanaman, kemudian taburkan biji-biji kemangi yang telah disiapkan maka biji kemangi akan tumbuh dengan sendirinya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel