11 Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya

Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya


Dalam melaksanakan budidaya tomat niscaya akan ada hambatan yang dihadapi menyerupai tumbuhan tomat yang kita tanam terjangkit oleh ham dan penyakit. Mungkin beberapa dari kalian belunm tahu jenis hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan tomat kalian dan cara mengendalikannya. Nah, kali ini kita akan membahas perihal hama penyakit tanamn tomat dan cara mengendalikannya.


Hama Tanaman Tomat


a. Ulat Buah

Ulat buah menimbulkan buah pada tumbuhan tomat berlubang . Selain itu kepingan bunga dan daunnya diserang oleh ulat bulu (Heliothis armigera atau Helicoverpa armigera). Ulat buah yang menyerang buah tomat mempunyai ukuran sekitar 4-5 cm , buah tomat yang terinfeksi hama ini akan mengalami kebusukan.


Pengendalian hama ini sanggup dilakukan dengan cara mengambil ulat tersebut kemudian dibakar, dan jikalau sudakh dalam bentuk ngengat sanggup dilakukan dengan memakai sinar ultraviolet atau melaksanakan penyemprotan insektisida sesuai dengan takaran atau proposal yang ditentukan.


b. Ulat tanah ( Agrotis ipsilo Hufn )

serangan hama ini di tandai dengan terpotongnya tumbuhan pada kepingan pangkal batang yang akan menimbulkan tumbuhan menjadi mati dan rusak.


Pengendalian ha,a ini sanggup dilakukan dengan melaksanakan sanitasi kebun atau lahan selain itu juga sanggup dengan melaksanakan peyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.


c. Lalat Buah (Bactrocera sp)

Hama ini berukuran sekitar 8 mm denga warna badan hijau kehitaman dan mempunyai sayap tranparan. Sedangkan dikala belatung muda berwarna putih dan kekuningan jikalau menjelang sampaumur pada daging tomat. Tomat yang terjangkit hama ini akan mengalami pembusukan dan terdapat belatung didalamnya.


Pengendalian ham ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan pengolahan dengan cara yang baik dan benar, menciptakan perangkap, namun juika sudah terlanjur terjangkit sanggup dilakukan pemetikan tomat kemudian membakarnya biar tidak menyebar pada buah yang lainnya.


d. Kutu kebul (Bemisia tabaci Genn)

Tanaman tomat yang terjangkit gama ini di tandai dengan adanya bercak pada permukaan daun, bercak tersebut berwarna hitam atau kecoklatan, sehingga daun rusak atau tidak rata dan menjadikan tumbuhan cepat mati.


Pengendalian ham ini sanggup dilakukan dengan melaksanakan pemangkasan tumbuhan yang terjangkit atau juga sanggup dengan melaksanakan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis.


e. Lalat pengorok daun ( Liriomyza huidobrensis Blanchard )

Tanaman tomat yang terjangkit di tandai dengan adanya kerusakan pada kepingan daun, daun tidak beraturan, terdapat bercak hitam dan juga bekas gigitan pada ujung daun kemudian daun tersebut akan mati serta kering.


Pengendalian ham ini sanggup dilakukukan dengan cara melaksanakan pemangkasan daun yang terjangkit atau sanggup juga dengan melaksanakan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.


f. Ulat grayak ( Spodoptera liture F )

Tanaman tomat yang terjangkit hama ini di tandai dengan permukaan daun atas akan berlubang dan tulang daun akan rusak. sehingga daun tidak beraturan atau tidak rata.


Pengendalian hama ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan pemangkasan daun yang terjangkit atau dengan cara melaksanakan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.


Penyakit Tanaman Tomat


a. Penyakit Busuk Daun

Tanaman tomat yang terjangkit penyakit ini ditandai dengan adanya bercak hitam atau coklat yang tidak beraturan pada daun dan kemudian daun tersebut akan mengering dan mati.


Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara : mengurangi kelembaban pada lahan tanam, melaksanakan pemangkasan pada kepingan tumbuhan tomat yang terserang, atau juga dengan melaksanakan penyemprotan fungisida yangg sesuai dengan dosis.


b. Penyakit Rebah Kecambah

Serangan penyakit ini di tandai dengan rusaknya kepingan batang menjadi berair, tumbuhan layu, dan juga kepingan terjangkit akan gampang mati .


Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan melaksanakan sanitasi lahan , memangkas kepingan yang terjangkit dan juga dengan melaksanakan penyemprotan fungisida sesuai dengan dosis.


c. Layu Fusarium

Tanaman tomat yang terjangkit penyakit ini akan mempunyai daun yang layu dan kepingan keseluruhan layu. Sehingga akan menjadikan maut pada tanaman.


Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan melaksanakan sanitasi lahan tanam atau juga dengan melaksanakan penyemprotan fungisia dengan teratur.


d. Busuk Buah

Buah yang terjangkit penyakit ini akan terdapat bercak kecil berair, membulat dan cekung yang menjadikan buah akan membusuk dan gampang jatuh.


Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara memetik dan membuang buah yang terjangkit penyakit tersebut atau juga dengan melaksanakan penyemprotan memakai fungisida sesuai dengan dosis.


e. Bercak Bakteri

Daun yang terjangkit penyakit ini akan mengeriting danmengering serta batang yang terjangkit akan mati.

Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara menentukan bibit yang unggul, sanitasi lahan tanam atau menyemprotkan bakterisida sesuai dengan dosis.


Demikian artikel pembahasan tentang”11 Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "11 Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel