Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Mudah Mengendalikannya

Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Praktis Mengendalikannya


Dalam melaksanakan budidaya suatu tumbuhan baik itu tumbuhan hias ataupun tumbuhan buah, pastinya akan mengalami hambatan baik itu teknis ataupun non teknis yang sanggup saja mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi anda. Kali ini kita akan membahas perihal hama dan penyakit y6ang menyerang tumbuhan salak. Berikut yaitu klarifikasi lengkap perihal hama dan penyakit tumbuhan salak :


Hama Tanaman Salak


a. Uret (Larva kumbang)

Uret atau larva kumbang merupakan hama yang paling banyak menyerang tumbuhan salak terutama pada tumbuhan yang masih muda. Hama ini biasanya menyebar melalui telur yang terbawa oleh pupuk kandang. Uret atau larva kumbang yang gres menetas akan segera mengerek batang dan sebagian akar tumbuhan salak sampai berlubang.


Serangan terparah dari hama ini biasanya terjadi pada pergantian dari ekspresi dominan hujan ke ekspresi dominan kemarau.


Hama ini sanggup dikendalikan dengan cara menawarkan insektisida menyerupai Furadan 3G. Biasanya Furadan 3G yang berupa butiran ini diberikan bersama dengan sumbangan pupuk baik itu pupuk kimia atau pupuk kandang. Pemberian Furadan ini diadaptasi dengan takaran yang ada pada kemasannya atau sanggup dibilang sesuai anjuran.


b. Tikus

Hama tikus ini menyerang penggalan buah, tikus ini memakan dan menggerogoti buah salak yang berakibat buah salak rusak bahkan habis dan akan gagal panen lantaran buah tidak sanggup dikonsumsi ataupun dijual. Petani salak sanggup mengatasi duduk perkara serangan hama ini dengan menawarkan rodentisida atau racun tikus di sekeliling tumbuhan salak atau sanggup juga dengan menciptakan perangkap.


c. Rayap

Hama yang satu ini sanggup menyerang seluruh penggalan tumbuhan salak mulai dari daun, batang, buah sampai akar tanaman. Serangan hama ini pada penggalan akar dan juga batang utama tumbuhan salak sanggup mengakibatkan tumbuhan mati.Serangan hama rayap ini sanggup diketahui dari adanya rumah rayap dan juga jalan bekas rayap yang terbuat dari tanah disekitar tumbuhan salak. Hama rayap ini sanggup ditangani dengan cara menyemprotkan insektisida di penggalan tumbuhan salak atau di sekeliling media tumbuh tumbuhan salak.


d. Kutu Putih

Hama kutu putih ini biasanya banyak ditemukan di permukaan daun penggalan bawah. Hama ini menyerang penggalan daun dengan mengisap cairan daun tumbuhan yang berakibat daun akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan dan jadinya layu.


Pengendalian hama ini sanggup dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida sistemik. Namun dengan perhitungan ekonomis, penengdalian hama ini dilakukan dengan cara memotong daun yang terjangkit kemudian memusnahkannya supaya tumbuhan yang lain tidak terserang.


Penyakit Tanaman Salak


a. Busuk Buah

Penyakit amis buah ini menyerang tumbuhan salak lantaran disebabkan oleh cendawan putih. Buah yang terjangkit penyakit ini akan menjadi amis lembap sehingga buah memeiliki tampilan yang tidak menarik dan tidak sanggup dikonsumsi.


Penebab tumbuhan salak terjangkit penyakit ini yaitu lantaran dipicu oleh kelembapan yang terlalu tinggi. Biasanya penyakit ini sanggup dikendalikan dengan cara membuang buah yang amis supaya buah lainnya tidak tertular. Bisa juga penanggulangan serangan hama ini sanggup dilakukan dengan cara mengurangi daun tumbuhan salak dan juga daun tumbuhan pelindung.


b. Bercak Hitam

Penyakit bercak hitam disebabkan oleh abuh cendawan Pestalotia sp. Tanaman salak yang terjangkit penyakit ini mempunyai tanda-tanda diantaranya terdapat bercak hitam pada penggalan daun tumbuhan salak baik itu di daun muda atau tua. Faktor utama penyebaba munculnya jamur ini yaitu kondisi lingkungan yang lembab.


Pencegahan terjadinya serangan hama ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan pemangkasan secara rutin, melaksanakan pengaturan jarak tanam, serta pengendalian gulma. Tanaman yang terlanjur terserang, penggalan daun yang terinfeksi segera dipangkas dan dimusnahkan. Bisa juga dengan cara melaksanakan penyemprotan fungisida apabila penyakit ini sudah menyerang melebihi batas normal.


c. Busuk Batang dan Buah

Penyekit amis batang ini disebabkan oleh cendawan Corticium salmonicolor, serangan cendawan ini ditandai dengan adanya pembusukan pada penggalan batang dan juga buah tumbuhan salak. Penyakit ini biasanya disebut dengan penyakit merah atau amis pink, lantaran pada penggalan tumbuhan yang terjangkit penyakit ini akan ditemukan cendawan yang berwarna merah. Pencegahan dan pengendalian penyait ini sanggup dilakukan dengan cara yang sama yang dilakukan terhadap penyakit bercak hitam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Praktis Mengendalikannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Mudah Mengendalikannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel