Bebas Siram Pakai Biogel

Sejumlah anggrek phalaenopsis berpenampilan prima dengan warna seronok itu mengundang deca Bebas Siram Pakai BiogelSejumlah anggrek phalaenopsis berpenampilan prima dengan warna seronok itu mengundang decak kagum beberapa pengunjung stan Ekakarya di Florikultura 2017 di kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. Namun kalau diamati seksama ada yang berbeda pada media tanam anggrek-anggrek itu.


Di setiap pot anggrek tersebut dijumpai bola-bola mini bening transparan. Bola-bola mini kenyal itu terserak di atas media spaghum. Dialah biogel. Biogel memang menjadi media komplemen yang dapat diberikan sebagai pengganti air sehingga mengurangi frekuensi penyiraman, terutama untuk anggrek indoor.


Secara perlahan, bola-bola mini itu melepaskan air dan bola menjadi kisut kering selama 10 hari. Ukuran bola dapat normal lagi dengan menyiramkan air secukupnya lagi atau merendamnya. Artinya dalam sebulan, anggrek-anggrek itu cukup disiram 3 kali. Sisanya diselesaikan oleh biogel. Hal ini terang menguntungkan pehobi sibuk dengan waktu luang memelihara sedikit.


Yang menarik, bola-bola mini berbahan kristal polimer dengan masa pakai sampai 1 tahun itu juga tidak sekadar berisi air, tetapi juga sudah mengandung nutrisi hara untuk tanaman. “Melihat keunggulan biogel tampaknya cocok untuk saya. Jarang ada waktu, tapi maunya flora anggrek terus bagus,” ujar Nova Windri, pehobi dari Bogor, Jawa Barat.


Belum ada Komentar untuk "Bebas Siram Pakai Biogel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel