Produksi Cupang Halfmoon Berkualitas

Produksi cupang halfmoon berkualitas tidak gampang Produksi Cupang Halfmoon Berkualitas


Produksi cupang halfmoon berkualitas tidak mudah. Kuncinya terletak pada pemilihan induk dan cara mengawinkan cupang tersebut.


Syarat penting dalam menentukan induk yakni induk harus bersirip tegak dan membulat 180 derajat. Ukuran sirip dilarang tidak terlalu panjang. Khusus betina, warnanya harus terperinci dan bersih. Idealnya, betina cupang halfmoon berumur 4 bulan dan jantan 4-5 bulan. Kedua induk juga harus seukuran.


Musim terbaik mengawinkan cupang yakni menjelang isu terkini kemarau. Pada ketika itu, betina sanggup mengeluarkan 100 telur dengan daya tetas hingga menjadi burayak di atas 90%.


Burayak yang dipelihara di akuarium, selanjutnya dipindahkan ke kolam semen. Burayak diberi pakan daphnia saban hari hingga mereka berumur 2,5 bulan. Setelah itu ganti pakan menggunakan pelet sebanyak 4-6 butir/hari. Khusus cupang halfmoon longtail atau berekor panjang, pakan pelet diberikan 2 kali pada pagi dan sore hari. Pemberian daphnia sebagai selingan perlu tetap dilakukan setiap 1-2 minggu.


Selama berada di kolam semen, jagalah kualitas air dengan mengganti air 100% saban 2 ahad dan menaruh daun ketapang semoga pH air stabil pada derajat keasaman 7,5-7,8. Yang perlu dicermati yakni suhu sangat menghipnotis pertumbuhan dan kualitas warna cupang.


Suhu panas sanggup mempercepat pertumbuhan burayak alasannya yakni merangsang metabolisme lebih aktif. Temperatur yang ditolerir sekitar 25-26 derajat Celcius. Langkah terakhir untuk produksi cupang halfmoon berkualitas yakni melaksanakan seleksi. Dari 90 cupang pada umur 2,5 bulan, pilih sekitar 20-25 cupang halfmoon terbaik. Sisanya dimusnahkan supaya genetik unggul tetap terpelihara.


Belum ada Komentar untuk "Produksi Cupang Halfmoon Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel