Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!

Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah! – Kacang Panjang (Vigna sinensis) yaitu jenis tumbuhan yang berasal dari India dan Afrika Tengah yang kemudian penanamannya menyebar ke wilayah Asia Tropika sampai Indonesia. Nama lain dari kacang panjang yaitu kacang lanjaran (Jawa), kacang turns (Pasundan), taukok (Cina), sitao (Philipina), kacang panjang/kacang belut (Malaysia), jurakusasage, paythenkai, yardlong bean, dan asparagus bean. Terdapat 2 jenis kacang panjang yaitu kacang panjang biasa dan kacang panjang usus.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Angiospermae

Subkelas: Dicotyledonae

Ordo: Rosales

Famili: Leguminoceae

Genus: Vigna

Spesies: Vigna sinensis


Banyak orang yang menyukai kacang panjang ini untuk diolah dengan cara di santan, dioseng, dicampur dalam pecel dan lain sebagainya. Oleh alasannya yaitu itu banyak orang mencoba menanam kacang panjang atau budidaya kacang panjang sebagai perhiasan penghasilan mereka. Namun jangan khawatir bagi anda yang tidak mempunyai lahan untuk menanam kacang panjang ini, anda sanggup menanam kacang panjang di dalam pot atau polybag tanam di rumah. Untuk lebih jelasnya perhatikan klarifikasi berikut ini.


Cara Menanam Kacang Panjang Dalam Pot


Persiapan Bibit Kacang Panjang


Pilihlah bibit kacang panjang yang berkualitas biar kacang panjang yang dihasilkan juga berkualitas. Ciri-ciri bibit kacang panjang yang berkualitas yaitu tingkat perkecambahannya diatas 90%, berpenampilan kusam atau bernas, tahan terhadap hama dan penyakit dan pastinya tidak cacat atau rusak. Bibit kacang panjang ini sanggup pribadi ditanam pada media tanam tanpa harusmelakukan persemaian.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam kacang panjang dalam pot atau polybag yaitu tanah subur dan gembur yang sudah diayak (tanah halus), Pupuk kompos (kompos bokashi atau kompos biasa) dan arang sekam.


Jika semua materi media tanam telah siap, selanjutnya campurkan semua materi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 1 dan aduk sampai tercampur rata. Jika sudah siap, selanjutnya masukkan media tanam ke pot/polybag tanam yang akan digunakan.


Penanaman Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag


Jika semua sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam, lubang tersebut tidak perlu terlalu dalam. Selanjutnya, masukkan benih kacang panjang sebanyak 2 biji ke lubang tanam yang telah dibentuk dan tutup kembali dengan media tanam. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal musm hujan.


Perawatan Kacang Panjang


Penyulaman

Jika ada bibit kacang panjang yang rusak atau mati segera lakukan penyulaman dan ganti dengan tumbuhan yang gres biar tumbuhan kacang panjang sanggup tumbuh serentak. Penyulaman ini dilakukan maksimal 5-7 hari sesudah penanaman.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tumbuhan di dalam pot/polybag biar mereka tidak merebut nutrisi pertumbuhan yang diharapkan kacang panjang.


Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja.


Pemasangan Turus

Turus atau lanjaran ini dipakai sebagai media rambat tumbuhan kacang. Turus tersebut sanggup berupa batang kayu atau kepingan bambu dengan ukuran panjang 150-200 cm dan lebar 3 cm. Pemasangan turus ini dilakukan sesudah tumbuhan berumur 2 ahad atau sudah mencapai ketinggian ± 25 cm.


Pemupukan

Lakukan pemupukan kalau tumbuhan kacang panjang telah berumur sekitar 3 minggu. Pemupukan tersebut sanggup memakai pupuk urea, pupuk sp-36 dan juga KCl dengan takaran secukupnya. Pada dikala tumbuhan menjelang berbunga yaitu berumur 4 ahad sesudah tanam sanggup dilakukan penyemprotan pupuk daun.


Pemanenan Kacang Panjang


Tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari sesudah tanam. Polong muda sanggup mulai dipanen sesudah berumur 45 hari. Ciri kacang panjang yang sudah sanggup dipanen yaitu polong sudah terisi penuh, gampang dipatahkan dan warnanya hijau merata sampai hijau keputihan.


Pemanenan kacang panjang dipetik dengan cara memutar bab pankal polong.Pemanenan ini sanggup dilakukan secara sedikit demi sedikit dengan selang waktu 3 hari. Pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel