Cara Budidaya Kelapa Hibrida Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Kelapa Hibrida Untuk Pemula Cepat Panen



Cara Budidaya Kelapa Hibrida – Dalam hal ini kelapa yakni salah satu jenis tumbuhan tropis dengan kegunaan yang sangat beragam. Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat bersahabat dengan bermacam-macam penggunaan bab dari pohon kelapa tidak hanya dari buahnya melainkan juga bab tumbuhan kelapa yang lain contohnya batang, daun, serta bunga kelapa. Tidak sanggup dipungkiri bahwa kelapa merupakan salah satu komoditas yang penting dalam industri dunia sehingga perkebunan kelapa merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.


Cara Budidaya Kelapa Hibrida Untuk Pemula Cepat Panen Cara Budidaya Kelapa Hibrida Yang Menguntungkan


Untuk memaksimalkan produksi kelapa, pekebun tentu harus menentukan jenis kelapa yang sesuai dan kelapa bibit unggul merupakan pilihan yang sempurna untuk mendapat panenan buah kelapa yang jauh lebih banyak dan berkualitas. Tentu pemilihan kepala bibit unggul sebagai komoditas perkebunan tidak akan berjalan baik tanpa cara budidaya yang sesuai sehingga pertumbuhan kelapa sanggup lebih optimal pula.


Peremajaan


Untuk peremajaan tumbuhan kelapa yang sudah renta dan tidak lagi produktif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya yakni umur pohon kelapa itu sendiri. Tanaman kelapa yang berumur lebih dari 50 tahun dengan tinggi lebih dari 15 meter merupakan tumbuhan kelapa yang sudah layak untuk diremajakan dengan tumbuhan baru. Pohon kelapa yang memproduksi kurang dari tiga butir kelapa setiap tahun yang berarti hanya menghasilkan 0,5 ton kopra per hektar juga perlu diremajakan.


Pembibitan


Untuk pembibitan sendiri, pekebun sebaiknya menentukan bibit kelapa bibit unggul jenis unggul biar produksi buah lebih cepat dan optimal. Persiapan benih dilakukan secara sedikit demi sedikit selama 5-12 bulan sebelum masa tanam yang ditentukan. Bibit yang siap dipindahkan ke lahan tanam yakni bibit yang sudah berusia 5-8 bulan.


Pembuatan Lubang Tanam


Anjir dipasang sepanjang pematang sebagai penanda untuk pembuatan lubang tanam sesuai dengan jarak tanam yang sudah ditentukan. Dalam teknik budidaya kelapa hibrida, jarak tanam yang ideal yakni 5 x 6 meter atau 4 x 7 meter. Lubang tanam digali satu bulan sebelum penanaman bibit dengan ukuran 40 x 40 x 50 cm. Ukuran lubang tanam ini sanggup diubahsuaikan dengan berat tanah.


Penyesuaian Lubang Tanah


Tanah yang lebih berat membutuhkan lubang tanam yang lebih besar sebaliknya tanah yang lebih ringan membutuhkan ukuran lubang tanam yang lebih kecil. Sebelum bibit sanggup ditanam 2-4 ahad sebelumnya lubang tanam tersebut perlu ditimbun dengan adonan tanah dan 20 kg pupuk organik maupun pupuk lain sesuai kebutuhan. Barulah bibit sanggup ditanam di lubang tanam tersebut dengan cara tanam sedalam 10 cm dari permukaan tanah.


Pemeliharaan Tanaman


Gulma merupakan gangguan besar bagi tumbuhan kelapa bibit unggul sehingga dalam teknik menanam kelapa bibit unggul yang baik, pengendalian gula perlu dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Gulma perlu dikendalikan setiap dua bulan dengan radius satu meter untuk tumbuhan kelapa yang masih muda dan radius dua meter untuk tumbuhan kelapa dewasa.


Pemupukan


Dalam setiap detail cara menanam kelapa hibrida, ada beberapa pemupukan yang diharapkan tetapi pemupukan ini hanya dilakukan selama dua kali dalam satu tahun. Pemupukan dilakukan pada awal dan tamat demam isu penghujan dengan jumlah santunan masing-masing pohonnya 100-400 gram pupuk TSP, 500-700 gram pupuk urea dan 600 gram-1 kg KCL. Ada tips yang dilarang dilupakan yakni santunan pupuk secara melingkar dengan radius satu meter dari tumbuhan kelapa yang masih muda dan radius dua meter untuk tumbuhan cukup umur sedalam 15 sentimeter.


Pengendalian Hama Dan Penyakit


Pekebun juga perlu awas terhadap serangan beberapa hama pengganggu ibarat cendawan Phytophthora yang menjadikan penyakit basi tumbuhan dan sanggup dikendalikan dengan fungisida Alliete yang diinjeksikan lewat akar. Selain itu, ada pula hama kumbang penggerek pucuk yang sanggup dikendalikan secara alami dengan cendawan Baculvirus dan Metharizium.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kelapa Hibrida Menambah Nilai Ekonomi sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kelapa Hibrida Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel