Luka Bakar? Olesi Madu

 Salah satu khasiatnya yaitu bisa menyembuhkan luka bakar Luka Bakar? Olesi Madu


Madu mempunyai sejuta khasiat. Salah satu khasiatnya yaitu bisa menyembuhkan luka bakar. Saat ada luka bakar, badan berupaya memperbaiki jaringan rusak tersebut. Di dikala itu seluruh energi badan dikerahkan untuk mengalirkan antibodi alami ke lokasi luka bakar tersebut.


Wujud dari prosedur badan itu yaitu terbentuknya eschar atau parut palsu yang akan menyelimuti luka menyerupai lapisan kulit. Apabila parut tersebut diolesi mentega atau odol, bahkan ditaburkan kopi menyerupai kebiasaan penyembuhan selama ini yang dipercaya, ditakutkan luka itu menjadi infeksi.


Manfaat madu untuk membantu menyembuhkan luka bakar sudah diteliti. Riset Feriana Ira Handian dari Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Malang pada 2006, contohnya menunjukan kemampuan madu dalam mempercepat granulasi dan pengangkatan jaringan nekrosis. Kemampuan itu jauh lebih baik daripada menggunakan silver sulfadiazine, gel yang dioleskan kepada penderita luka bakar.


Penelitian lain oleh Shazita Adiba Martyarini dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2011 bahkan menyebutkan madu sanggup mempercepat proses epitalisasi. Pada proses tersebut pertumbuhan sel kulit muda dipacu untuk menggantikan lapisan kulit yang terluka. Riset lain membuktikan jika madu sanggup mencegah abses pada luka.


Madu apa yang berguna itu? Hal tersebut berlaku untuk madu alam, bukan madu yang dibubuhi zat atau senyawa lain. Itu alasannya yaitu madu alam masih mengandung polen dan propolis. Yang disebut terakhir terbukti mempunyai khasiat antimikrob. Makara siapkanlah madu alam di rumah sebagai tindakan berjaga-jaga, jika anggota keluarga Anda terkena luka bakar.


Belum ada Komentar untuk "Luka Bakar? Olesi Madu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel