Panen Mangga Di Luar Musim

Mangga merupakan komoditas yang disukai pasar lokal dan mancanegara Panen Mangga Di Luar Musim


Mangga merupakan komoditas yang disukai pasar lokal dan mancanegara. Sayang, kontinuitas pasokan seringkali menjadi watu sandungan, terutama untuk memenuhi pasar ekspor.


Biang keladinya yaitu mangga yang panen raya pada September-Oktober itu sulit berbuah di luar musim. Namun dengan pemakaian paklobutrazol, mangga tersebut sanggup berbunga dan berbuah di luar musim.


Sejatinya, tumbuhan mangga butuh demam isu kering panjang biar memicu pembungaan. Pada ketika tunas akan menjadi bunga, kadar hormon tumbuh pada tanaman, yakni giberelin menurun.


Di sinilah letak penting dari membungakan mangga di luar musim, yaitu mengatur penurunan kadar giberelin itu. Paklobutrazol bermanfaat menghambat proses biosintesis giberelin sehingga kadarnya menurun yang berujung pada berbuahnya tumbuhan mangga.


Riset paklobutrazol oleh peneliti Pusat Kajian Buah Tropika IPB, mengungkapkan jikalau aplikasi dilakukan ketika tumbuhan memasuki masa dorman yang dihitung sesudah buah selesai dipanen. Namun perlakuan paklobutrazol ketika tunas sedang tumbuh justru berefek menghambat pertumbuhannya. Masa pas untuk aplikasi paklobutrazol yaitu 20 hari sesudah tunas gres muncul dengan penanda warna daun terakhir hijau tua.


Paklobutrazol diberikan dengan cara disiramkan di sekeliling tumbuhan di bawah tajuk. Larutan yang dipakai harus mengandung 4-16 gram/liter materi aktif. Semakin besar ukuran pohon, makin banyak materi aktifnya. Pemberian cukup dilakukan satu kali. Tanaman berumur 5 tahun dengan takaran 4 gram/liter/tanaman. Setelah 7 tahun dosisnya sanggup dinaikkan menjadi 8-10 gram/liter/tanaman.


Perlakuan paklobutrazol perlu diimbangi dengan donasi kalium nitrat KNO3 supaya tumbuhan sanggup berbunga bersamaan. Kalium nitrat tersebut diberikan 2 bulan sesudah perlakuan paklobutrazol. Caranya dengan menyemprotkan pada mata tunas atau pucuk.


Frekuensi donasi 2-3 kali setiap 2-3 hari dengan konsentrasi 40 gram/liter/pohon. Indikasi keberhasilan kombinasi tersebut tampak dari bunga muncul serempak 2 bulan berikutnya. Bunga itu dijumpai tidak hanya pada pucuk tanaman, tetapi juga di batang.


Pada pohon tua, donasi paklobutrazol lebih efektif jikalau disemprotkan. Mangga siap berbunga umur 3-4 tahun dan perlakuan paklobutrazol paling anggun pada ketika pohon berumur 5-6 tahun atau minimal pernah berbuah 2 kali.


Tanaman muda tidak disarankan diberi perlakuan lantaran memicu tumbuhan menjadi kerdil. Pemberian paklobutazol pada tumbuhan sama sanggup diulangi berselang 1 tahun dengan mengurangi takaran hingga 3/4 lantaran sisa paklobutrazol sebelumnya masih tersimpan di tumbuhan hingga 2 tahun.


Dengan perlakuan paklobutrazol dan kalium nitrat, jumlah bunga tepat mekar meningkat dan peluang produktivitas buah meningkat juga tinggi. Namun pada ketika mangga dibungakan di luar musim, terdapat sejumlah catatan, yakni pastikan pembungaan tidak terjadi pada demam isu hujan yang menjadikan bunga rontok. Sebaliknya, jikalau kondisi cuaca menjadikan tumbuhan kurang air, rajinlah menyiramnya. Ciri tumbuhan kurang air ialah bunga layu dan kering.


Belum ada Komentar untuk "Panen Mangga Di Luar Musim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel