Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Berkualitas Tinggi

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Berkualitas Tinggi


Tebu ialah tumbuhan yang merupakan materi baku pembuatan gula dan vestin, tumbuhan tebu termasuk dalam suku rumput-rumputan. Jika anda ingin membudidayakan tebu, berikut ialah cara budidaya tebu :


a. Syarat Tumbuh

Tebu sanggup tumbuh dengan baik pada tempat beriklim panas dengan suhu sekitar 25°C sampai 28°C dan curah hujan sekitar 100 mm/th. Tanah yang baik untuk melaksanakan budidaya tanam tebu ini ialah jenis regosol, alivial, mediteran atau podsolik dengan pH atau tingkat keasaman tanah sekitar 6,4-7,7 atau juga pada pH tanah netral.


b. Lahan Tanam

Lahan tanam yang akan ditanami tebu sanggup dipersiapkan dengan 2 cara yaitu dengan cara dibajak atau di reynoso. Cara pembajakan dilakukan untuk menggemburkan tanah yang kering, lalu sesudah dibajak buatlah alur sedalam 20 cm untuk menanam bibit tumbuhan tebu. Cara reynoso yaitu pengolahan tanah yang dilakukan pada tanah yang mempunyai kandungan air yang banyak, lahan yang kan di tanami tebu dibentuk cekungan dengan kedalaman sekitar 40 cm.


c. Pemilihan Bibit Tanaman Tebu

Bibit tumbuhan tebu yang akan ditanam sanggup dari bibit pucuk, bibit siwilan, bibit batang muda dan bibit rayungan. bibit pucuk diperoleh dari tumbuhan tebu yang telah berumur sekitar 12 bulan atau setahun dengan cara mengambil tunas muda sekitar 2-3 dengan panjang sekitar 20 cm. Bibit siwilan ialah bibit tebu yang diambil dari pucuk tumbuhan tebu yang telah mati. Bibit batang muda berasal dari tumbuhan tebu yang telah berumur sekitar 5-7 bulan, bab yang diambil adalag seluruh batang yang lalu dibagi menjadi 2-3 bagiaan untuk di stek. Bibit rayungan ialah bibit tebu yang diperoleh dari tumbuhan tebu yang memang dibudidayakan untuk bibit.


d. Penanaman Tebu

Untuk tempat kering biasanya bibit yang baik untuk ditanam ialah bibit hasil stek yang mempunyai 8-9 mata tunas dan ditanam dengan jarak sekitar 1 meter setiap tumbuhan tebu stek. Penanaman stek tersebut diklakukan pada juringan yang mempunyai kedalaman sekitar 1,25 meter – 1,35 meter. Untuk tempat basah, bibit tumbuhan tebu yang dtanam ialah bibit hasil stek dengan mempunyai 3 mata tunas yang ditanam bengan teknik sentuh ujung atau tumpah tindih. Waktu penanaman untuk tempat kering yaitu pada bulan oktober-desember dan untuk tempat berair yaitu pada awal isu terkini kemarau.


e. Perawatan Tanaman Tebu



  1. Penyulaman

    Lakukan penyulaman pada tumbuhan tebu yang mati atau tidak tumbuh dengan baik dengan tumbuhan tebu yang baru. Penyulaman ini dilakukan pada bibit bagal yang telah berumur 2-4 ahad dan bibit rayugan pada umur 2 minggu.

  2. Penyiraman

    Penyiraman dilakukan diubahsuaikan dengan kondisi cuaca dan tanah. Penyiraman baik dilakukan sesudah pemupukan ataua paling usang 3 hari sesudah pemupukan.

  3. Penyiangan

    Lakukan penyiangan pula pada gulma serta tumbuhan pengganggu lainnya dengan cara dicangkul atau dipotong. Bisa juga lakukan penyemprotan herbisida yang sesuai untuk mengatasi duduk perkara gulma.

  4. Pemupukan

    Pemupukan dilakukan secara sedikit demi sedikit dan diubahsuaikan dengan kondisi lahan serta kebutuhan tanaman. Pupuk yang biasa diberikan ialah pupuk ZA, SP36 dan KCl.


f. Hama Dan Penyakit

hama yang serung menyerang tumbuhan tebu ialah ulat pengerek, untuk mencegah hal tersebut maka perlu dilakukan pemilihan varietas tebu yang tahan terhadap hama atau sanggup dilakukan pelepasan predator alami ulat pengerek menyerupai Trichogama sp, Lalat Jatiroto atau juga sanggup dengan menyemprotkan Thiodan 35 EC.


g. Pemanenan Tebu

Pemanenan tumbuhan tebu dilakukan dengan cara mencangkul area tanam tebu dengan kedalaman sekitar 20 cm. Sisakan 3 ruas batang tebu kalau ingin ditumbuhkan kembali atau kalau lahan ingin dibongkar maka cabut tebu sampai akarnya. Setelah dipanen maka bab pucuk tebu dibuang lalu batang tebu diikat dengan jumlah 20-30 batang/ikat untuk digiling. Waktu pemanenan dilaksanakan pada bulan kering yaitu antara bulan April sampai Oktober.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Berkualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel