Cara Budidaya Kelinci Anggora Dengan Mudah Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Kelinci Anggora Dengan Praktis Bagi Pemula


Banyak sekali jenis kelinci yang ada di dunia menyerupai Kelinci Anggora, Kelinci Flemish Giant, Kelinci lop, Kelinci Dutch, Kelinci Rex, Kelinci Lion Head, Kelinci English Spot, Kelinci Himalayan, Kelinci New Zealand dan masih banyak lagi. Semua jenis kelinci tersebut yakni kelinci yang sering dipelihara yang biasanya diternakan dengan tujuan untuk hiasan, diambil dagingnya atau banyak sekali tujuan lainnya. Salah satu kelinci yang banyak dipelihara yakni kelinci anggora.


Kelinci Anggora yakni salah satu jenis kelinci hias yang berasal dari Turki tepatnya di Ankara. Kelinci anggora mempunyai bulu yang tebal lembut dengan bab kaki depan dan ujung indera pendengaran hanya ditumbuhi bulu-bulu halus. Kelinci anggora pun mempunyai banyak variasi warna bulu menyerupai coklat, putih, hitam, abu-abu dan lainnya. Kelinci jenis ini pula mempunyai banyak jenis menyerupai Satin anggora, German anggora, Chinese anggora, French anggora, dan sebagainya.


Karena menggemaskan, banyak orang yang memelihara bahkan membudidayakannya. Melakukan budidaya kelinci Anggora ini memang tidak muda dan membutuhkan ketelatenan serta keuletan biar nantinya sanggup menghasilkan laba yang melimpah. Berikut yakni cara budidaya Kelinci Anggora:


Cara Budidaya Ternak Kelinci Anggora


a. Pemilihan Bibit Indukan Kelinci Anggora

Dalam melaksanakan ternak kelinci anggora perlulah menentukan calon indukan baik yang jantan maupun betina yang berkualitas atau unggul, Calon indukan tersebut sanggup anda dapatkan dengan membelinya di peternak kelinci anggora. Pilihlah calon indukan kelinci anggora yang mempunyai produktivitas tinggi dan tentunya sehat. Kelinci yang sehat mempunyai ciri-ciri : kelinci mempunyai mata yang tampak bersinar dan selaput matanya higienis tidak ada kotoran (jangan pilih kelinci yang mempunyai mata lengket, berair dan berair alasannya yakni itu mendakan kelinci tersebut sakit),serta mempunyai punggung tidak terlalu kurus dan tampak berisi.


b. Persiapan Kandang Ternak Kelinci Anggora

Kandang yakni salah satu hal terpenting yang perlu disiapkan sebelum melaksanakan ternak kelinci anggora ini. Untuk ukuran sangkar ternak kelinci anggora, anda sanggup menyesuaikan dengan cita-cita anda dan jumlah kelinci yang akan anda ternakan. Namun sebaiknya sangkar untuk ternak kelinci anggora ini mempunyai ukuran yang luas atau lapang biar kelinci anggora lebih leluasa untuk bergerak, mempunyai sirkulasi udara yang baik dan juga terlindung dari matahari dan juga hujan. Lokasi pembuatan sangkar sebaiknya steril dari pemangsa atau jauh dari keramaian.


c. Perawatan Kandang Ternak

Lakukan perawatan terhadap kandang, perhatikan kebersihan kandang. Lakukan pencucian sangkar setiap hari biar kebersihan tetap terjaga dan juga kelinci anggora yang diternakan tidak gampang terjangkit penyakit dan bulu kelinci anggora tersebut tetap terjaga kualitasnya.


d. Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan untuk kelinci anggora sebaiknya pakan berupa sayuran namun tidak bergetah menyerupai kangkung, wortel, rumput lapang atau yang lainnya yang penting bukan pakan yang terlalu banyak mengandung air menyerupai sawi putih. Pakan yang diberikan sebaiknya dalam keadaan layu. Selain sayuran, kelinci anggora juga sanggup diberi pakan berupa ubi jalar, pelet, atau pakan lainnya yang penting pakan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci anggora.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Kelinci Anggora Dengan Praktis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kelinci Anggora Dengan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel