Cara Menanam Brokoli Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah

Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dalam Pot atau Polybag  Dengan Praktis Di Rumah


Brokoli merupakan tumbuhan sayuran dari suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Bagian yang sanggup dimakan dari sayuran berjulukan ilmiah Brassica oleracea ini yaitu kepala bunga yang tersusun rapat menyerupai cabang pohon dengan batang tebal, kepala bunga tersebut berwarna hijau dan dikelilingi dedaunan. Brokoli menyerupai dengan kembang kol tapi brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih.


Banyak orang yang suka makan brokoli baik itu dimakan secara eksklusif ketika mentah atau dimasak dahulu dengan cara di rebus atau kukus alasannya yaitu rasanya yang enak. Tidak alasannya yaitu rasanya saja yang enak, Orang suka mengkonsumsi brokoli ini alasannya yaitu brokoli mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya sanggup menjaga kesehatan mata, sanggup mencegah penyakit jantung, sanggup menurunkan berat tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya. banyak orang sekarang mulai menanam brokoli ini, tidak hanya sanggup ditanam di lahan tetapi brrokoli juga sanggup ditanam di dalam pot. Berikut adalah cara budidaya menanam Brokoli dalam pot:


a. Persiapan Benih Brokoli

Pilihlah Benih yang berkualitas supaya brokoli yang dihasilkan juga berkulitas. Benih sanggup didapatkan dengan membeli di toko pertanian. Setelah benih selanjutnya disterilisasi dengan cara direndam dalam air panas atau larutan fungisida (sesuai dosis) selama sekitar 15 hingga 30 menit. Buang benih yang mengapung kerena benih tersebut tidak berkualitas baik. Kemudian benih yang baik, direndam selama sekitar 12 jam supaya benih berkecambah.


b. Penyemaian dan Pemeliharaan Bibit Semai

Penyemaian dilakukan dengan media semai berupa adonan tanah harus dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1 . Media semai tersebut kemudian diseterilkan dengan cara dikukus selama 30-60 menit pada suhu 55°C-100°C atau sanggup juga disterilkan dengan cara disiram dengan larutan formalin kemuudian ditutup dengan plastik selama sehari semalam, kemudian diangin-anginkan. Jika media semai telah di sterilisasi tamat selanjutnya masukan media semai ke polybag semai dan selanjutnya tebar benih brokoli.


Selama penyemaian lakukan Pemeliharaan terhadap bibit semai seperti:



  • Penyiraman

    Penyiraman dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Usahakan jangan hingga media semai kering alasannya yaitu hal tersebut sanggup menghambat pertumbuhan benih.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan dengan cara membersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnnya yang ada di sekitar bibit supaya tidak mengganggu pertumbuhan bibit.

  • Pemupukan Susulan

    Beri pupuk susulan pada bibit semai berupa pupuk NPK yang telah dilarutkan dalam air kemudian disiramkan.


c. Penanaman Brokoli Dalam Pot

Setelah bibit sudah siap tanam, selanjutnya pindahkan bibit ke pot tanam, ukuran pot sanggup disesuaikan. Setelah pot siap selanjutnya masukan media tanam dalam pot kemudian lakukan penanaman bibit dalam pot.


d. Perawatan Tanaman



  • Penyiraman

    Penyiraman perlu dilakukan secara rutin sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu atau diadaptasi dengan kondisi media tanam.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada didalam pot tanam.

  • Perempelan dan Pengikatan

    Lakukan perempelan pada cabang tumbuhan brokoli sedini mungkin supaya kualitas serta ukuran bunga yang akan terbentuk akan optimal. Setelah berbunga selanjutnya ikat daun yang berada disekitar bunga menutupi bunga supaya bunga terlindungi dari matahari.

  • Pemupukan Susulan

    Lakukan pemupukan susulan pada tumbuhan dengan pupuk urea, TSP dan KCl. Pemupukan tersebut dilakukanpada ketika tumbuhan brokoli berumur 1 ahad sehabis tanam, 3 ahad sehabis tanam dan 5 ahad sehabis tanam. Cara pemupukan tersebut diberikan dengan cara ditabur disekeliling tumbuhan dengan jarak 10 cm – 20 cm dari batang.



e. Pemanenan Brokoli

Bila bunga brokoli telah mencapai ukuran maksimal atau telah berumur 55-100 hari sehabis tanam, pemanenan sanggup dilakukan. Pemanenn dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga beserta batang dan daunnya selebar 25 cm.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Brokoli Dalam Pot Dengan Praktis Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Brokoli Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel