Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula – Bunga Iris atau bunga airis yaitu salah satu jenis tumbuhan bunga tahunan yang mempunyai tampilan yang indah, bunga ini mempunyai warna yang bermacam-macam ibarat putih, kuning, biru, ungu dan lainnya. Sehingga tak heran kalau banyak pekebun yang melaksanakan budidaya bunga ini dibandingkan dengan tumbuhan bunga lainnya.


Selain mempunyai warna yang beragam, alasan banyak pekebun yang melaksanakan bunga iris ini yaitu alasannya beberapa jenis bunga iris mempunyai aroma wangi ketika bunga mekar, gampang dan cepat untuk dikembangbiakan dan di tumbuhkan, jarang terjangkit hama dan penyakit serta ketika berbunga setiap setahun bunga akan mekin banyak dari hari ke hari. Bahkan sekarang ada tumbuhan iris hibrid dengan masa berbunga 2 kali setahun.


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Iris


Persiapan Bibit Bunga Iris


Bibit bunga Iris sanggup diperoleh dari perbanyakan melalui rimpang maupun biji. Namun lebih banyak yang melaksanakan perbanyakan dengan akar rimpang alasannya lebih gampang dan lebih cepat tumbuh. Sebelum anda menanam bbunga iris ini, anda harus menentukan jenis tumbuhan bunga iris yang sanggup bertahan dengan baik dilingkungan anda, walaupun intinya bunga iris mempunyai ketahanan yang baik dan mudahj tumbuh. Berikut 3 jenis bunga iris yang mungkin cocok di tanam di tempat anda.


Iris Bleadless

Jenis bunga iris berasal dari Eropa Tengah dan Eropa Selatan. Jenis ini sanggup tumbuh dengan baik apabila mendapat cahaya matahari penuh.


Iris Lousiana

Jenis bunga iris ini berasal dari tenggara Amerika Serikat. Jenis bunga iris ini sanggup tumbuh dengan baik diberbagai kondidi lingkungan Namun apabbila kurang mendapat asupan air maka bunga tidak akan mekar dengan indah.


Iris Siberia

Jenis bunga iris ini berasal dari Eropa Tengah dan Timur serta Turki. Jenis ini sanggup tumbuh dengan sangat baik terutama pada tempat dengan iklim sedang.


Cara Menanam Bunga Iris


Setelah menentukan jenis bunga iris yang cocok dengan tempat disekitar anda, maka anda sanggup dapat pribadi menanamnya. Waktu tanam yang baik untuk menanam bunga iris ini yaitu pada final ekspresi dominan kemarau/musim panas. Berikut langkah-langkah menanam bunga iris:


Tanamlah bunga iris pada lahan atau tempat yang mendapat sinar matahari sekitar 6-8 jam per hari. Tanah pada lahan tanam yang akan dipakai harus mempunyai aerasi dan drainase yang baik dengan kandungan sedikit asam yaitu mempunyai pH sekitar 6,8-7. Jika tanah yang dipakai tanah liat mempunyai drainase yang buruk, tambahkan humus atau materi organik biar permeabelitas tanah meningkat.


Selanjutnya, tanam rimpang tumbuhan bunga iris dengan benar. Tanam rimpang jangan terlalu dalam, sisakan bab rimpang di atas permukaan tanah biar sanggup mendapat udara. Pastikan akar rimpang yang berwarna cokelat berada di dasar tanah dengan sebagian rimpang menengadah ke atas.


Penanam rimpang bunga iris ini jangan terlalu bersahabat jadi perlu diberi jarak. Karena kalau terlalu bersahabat akan terjadi perebutan nutrisi yang nantinya sanggup menghambat pertumbuhan tumbuhan bunga iris.


Cara Menanam Tanaman Bunga Iris


Pemupukan

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhaka tumbuhan bunga iris maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dilakuka n di awal ekspresi dominan semi, kalau di Indonesia pemupukan tersebut dilakukan menjelang final ekspresi dominan penghujan.


Penyiraman

Lakukan penyiraman scara teratur pada awal tanam. Perhatikan kondisi tanah, kalau terlihat kering maka lakukan penyiraman setiap 7-10 hari pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja jangan berlebih alasannya sanggup menciptakan rimpang anyir dan tidak tumbuh. Jika tumbuhan iris sudah tumbuh, penyiraman dilakukan secara berkala.


Pemangkasan

Tangkai dan daun iris yang kelihatan kecokelatan dan layu pribadi dipangkas. Tujuannya biar jaringan daun yang mati hilang dan daun hijau lainnnya terselamatkan.


Perhatikan Kondisi Rimpang

Periksalah keadaan rimpang, jangan hingga rimpang tertutup kotoran, sampah ataupun materi organik lainnya. Jika tertutup, bersihkan rimpang dengan menyikatnya secara lembut tanpa memindahkan akat dan juga tanamannya. Tambahkan humus apabila keadaan tanah mempunyai drainase yang kurang baik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel