Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk Hiasan

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk HiasanTillandsia (Tillandsia usneosiodes) atau tumbuhan yang disebut juga dengan air plant ini merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang sangat mudan untuk ditanam dan dirawat alasannya tidak membutuhkan media tanam tertentu. Di Indonesia, Tillandsia dikenal dengan nama jenggot musa, janggut fir’aun atau janggut babi.


Di habitat asli, tumbuhan tillandsia hidup merambat dan menempl pada pohon besar. Tanaman ini mempunyai bentuk yang tidak beraturan. Namun jikalau anda ingin menimbulkan tumbuhan tillandsia ini sebagai tumbuhan hias, anda sanggup memotong dan merapihkannya dalam pot gantung.


Tanaman tillandsia ini masih satu famili dengan nanas-nanasan, tumbuhan tillandsia ini sanggup bertahan hidup dengan mengandalkan bulu halus yang ada di seluruh potongan tubuhnya. Bulu halus tersebut berkhasiat menyaring uap air dan nutrisi dari udara. Karena keunikan cara hidup yang dimiliki tumbuhan ini, biaasanya tumbuhan tillandsia ini ditanam dengan menggantungkannnya pada tali, kawat atau direkatkan dengan kayu. Mirip dengan tumbuhan bunga anggrek, namun tumbuhan tillandsia ini tidak memerlukan pupuk dan air secara rutin alasannya tumbuhan ini yaitu tumbuhan udara atau air plant.


Macam-Macam Tanaman Tillandsia


Tanaman bunga yang berasal dari gurun Amerika Latin ini, mempunyai bentuk mirip daun bawang yang kaku, ada juga yang berkelok dan banyak sekali jenis tillandsia lainnya. Jenis tumbuhan Tillandsiayang disukai pecinta tumbuhan hias di Indonesia diantaranya:



  • Tillandsia Usneoides (tanaman jenggot babi atau jenggot musa), tillandsia ini mempunyai bentuk mirip juntaian benang halus.

  • Tillandsia Streptocarpa, tillandsia ini memililiki bentuk yang melengkung kaku dan terkesan berantakan. Tillandsia ini mempunyai warna hijau dengan permukaan nya dilapisi oleh lapisan tricoma keabuan. Tanaman tillandsia ini mempunyai bunga manis dan busuk berwarna biru renta keunguan.

  • Tillandsia Caput Medusae, jenis tillandsia ini mempunyai daun berwarna hijau selada dengan bunga merah terperinci dan ungu stabilo dan semakin manis dengan komplemen serbuk sari berwarna kuning.

  •  Tillandsia stricta, dan lain sebagainya


Cara Menanam Tanaman Tillandsia


Untuk sanggup menumbuhkan atau menanam tumbuhan tillandsia ini tergolong mudah, dengan memakai media kayu atau kerikil tumbuhan ini juga sudah sanggup tumbuh. Bibit tumbuhan ini sanggup diperoleh dengan membelinya di toko tumbuhan hias namun tidak gampang dan harganya juga cukup mahal.


Tanaman tillandsia sanggup diperbanyak dengan cara split atau memisahkan anakan dari indukan. Anakan tersebut akan muncul sesudah masa berbunga. Ambil 2-3 anakan yang sudah cukup renta kemudian rekatkan dengan inang yang telah dicuci bersih.


Cara Merawat Tanaman Tillandsia


Penyiraman


Walaupun tumbuhan tillandsia ini mengandalkan unsur hara yang ada di udara, bukan berarti tumbuhan ini tidak membutuhkan air. Maka, lakukan penyiraman secukupnya saja. Penyiraman tersebut dilakukan dengan menyemprotkan air memakai spray setiap pagi dan sore hari.


Pencahayaan


Pada habitat aslinya, tumbuhan Tillandisa tumbuh liar di hutan tropis. Sehingga, sinar matahari, harus ada setiap saat, tidak harus sinar matahari secara langsung, namun cukup gantungkan tumbuhan Tillandisa di ruangan pada ruangan eksterior di rumah anda.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk Hiasan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk Hiasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel