Panduan Lengkap Cara Sukses Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula dengan MUDAH

Cara Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula Agar Sukses – Jeruk Sunkist yaitu jenis jeruk yang populer rasa manisnya. Tanaman jeruk sunkist ini berasal dari California, Arizona. Jeruk ini mempunyai rasa yang sangat anggun dan mempunyai aroma yang segar sehingga jeruk ini sanggup dimakan langsu dan dibentuk jus pun enak. Jeruk ini banyak dijual di supermarket, pasar atau pun toko-toko buah. Harga jeruk ini cukup mahal yaitu mencapai 60.000/kg. Sehingga banyak orang pun tertarik untuk menanam atau budidaya jeruk sunkist ini serbagai perjuangan mereka.


Cara Budidaya Jeruk Sunkist


Pemilihan Bibit Jeruk Sunkist


Bibit Jeruk sunkist sanggup diperoleh dari hasil generatif atau dari biji atau vegetatif atau bibit hasil okulasi dan cangkok. Akan tetapi, pembudidaya cenderung lebih menentukan bibit hasil okulasi, alasannya hasil okulasi pembuahan lebih produktif.Dari pada bersusah payah menciptakan bibit sendiri, anda sanggup membelinya di toko bibit. Pilihlah bibit yang sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus, bercabang rindang.


Persiapan Lahan Tanam


Jeruk sunkist sanggup tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Lahan yang akan dipakai untuk menanam jeruk ini dibersihkan dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Namun perlu diperhatikan lokasi penanaman harus mendapat matahari secara pribadi tanpa ada naungan.


Jika lahan sudah siap, selanjutnya, persiapkan lubang tanam.buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Setelah simpulan dibuat, lubang tanam didiamkan terlebih dahulu semoga tersinari sinar matahari tujuannya untuk mematikan kuman jahat yang terdapat dalam lubang tanam selama sekitar 2-3 hari.


Penanaman Jeruk Sunkist


Jika semuanya sudah selesai, selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit dengan hati-hati semoga media tanamnya rusak alasannya jikalau rusak hal tersebut akan mengganggu perkembangan akarnya. Setelah itu, letakkan bibit pada lubang tanam dengan posisi tegak lurus.


Tutuplah lubang tanam dengan media tanam berupa adonan tanah, kompos, sekam. Tutup lubang sampai rata dan padatkan sedikit semoga bibit tidak gampang roboh. Lalu lakukan penyiramab secukupnya saja dengan cara digembor.


Perawatan Jeruk Sunkist


Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir ini dipakai untuk menopang bibit jeruk sunkist semoga tidak gampang roboh apabila terkena gangguan dari luar. Ajir sanggup dibentuk dari bambu yang di belah menjadi beberapa belahan dengan ukuran 1,5 meter.


Pemupukan

Agar tumbuhan tumbuh dengan cepat, subur, sehat dan tumbuhan jeruk tidak rentan terkena penyakit, maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan ini sanggup dilakukan dengan memakai pupuk kandang/kompos ataupun pupuk NPK.


Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Rajinlah untuk memberinya hormon perangsang buah pada tumbuhan jeruk sunkist. Pemberian hormon perangsang buah sanggup menciptakan tumbuhan lebih cepat dalam pemrosesan buah. Hasil buah yang didapat lebih baik, lebih padat dan juga rasanya segar lebih manis. Pemberian hormon perangsang buah ini sanggup dilakukan setiap 1 bulan sekali.


Perawatan Lainnya

Perawatan jeruk sunkist memang tidak susah, namun untuk hasil yang optimal tetap perlu dilakukan perawatan dan penjagaan menyerupai melaksanakan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada disekitar tumbuhan semoga tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan jeruk sunkist. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan, lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering atau tidak perlu.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Sukses Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula dengan MUDAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel