Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat


Selain dibudidayakan di lahan terbuka anggur juga sanggup ditanam didalam pot, hal tersebut menguntungkan bagi anda yang tidak mempunyai lahan untuk melaksanakan budidaya. Berikut ialah cara menanam anggur didalam pot:


a. Pembibitan Tanaman Anggur

Umumnya, Bibit tumbuhan anggur paling banyak diperoleh dari stek. Batang cabang yang akan dipakai untuk bibit stek sebaiknya berasal tumbuhan yang telah berumur lebih dari setahun dalam keadaan sehat serta batang cabang tersebut mempunyai diameter sekitar 1 cm. Setelah batang cabang telah terpilih maka selanjutnya dipotong sepanjang 25 sampai 30 cm cara pemotongannya yaitu untuk dasar cabang dipotong horizontal dengan jarak 0,5 dari ruas dan untuk ujung dipotong miring dengan jarak 2 cm dari ruas. Selanjutnya ujung stek di tutup dengan parafin biar mencegah penguapan. Stek secara kolektif memakai media pasir yang lembab untuk menumbuhkan tunas dan akarnya. Tunas dan akar akan cabag stek akan tumbuh setelah sekitar 4 bulan dan siap dipindahkan ke polybag tanam. Polybag tanam ter sebut diisi dengan media tanam berupa gabungan tanah dengan pasir dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1. Apabila bibit stek telah ditanam pada polybag tanam tempatkan pada daerah yang teduh dan lakukan penyiraman rutin secukupnya. Bibit tumbuhan anggur sanggup dipindah ke pot setelah berumur 1,5 sampai 2 bulan dengan ciri-ciri mempunyai akar dengan panjang 5 sampai 10 cm dan mempunyai minimal 2 lembar daun dengan posisi normal yaitu di kanan dan kiri.


b. Pot Tanam

Pot yang akan dipakai untuk penanaman sebaiknya pot yang terbuat dari semen, plastik atau pot tanah. Namun pot yang biasa dipakai ialah pot yang dipakai ialah pot yang terbuat dari tanah sebab pot berbahan tanah mempunyai efek yang cukup baik untuk tumbuhan anggur sebab pot tanah mempunyai pori-pori pada penggalan dasar yang sanggup menyerap air. Pot tersebut harus mempunyai diameter yang besar dengan permukaan bawah yang sama besar.


c. Media Tanam

Media tanam yang dipakai untuk menanam anggur ialah gabungan pasir dan tanah.


d. Penanaman Dalam Pot

Jika bibit , pot dan media tanam telah siap maka lakukan penanaman. Pertama masukkan pecahan bata atau genteng ke penggalan dasar pot, setelah itu masukkan media tanam yang telah dipersiapkan sampai pot terisi hampir penuh. Selanjutnya buatlah lubang tanam pada penggalan tengan media tanam dalam pot dengan ukuran dibentuk lebih besar dari polybag tanam bibit. Jika sudah, tanam bibit dalam pot namun sebelumnya lepaskan dahulu polybag tanam pada bibit. Tanam bibit pada lubang tanam yang disiapkan atur dengan posisi tegak, setelah itu timbun kembali dengan media tanam. Setelah penanaman simpulan maka lakukan penyiraman sampai media tanam turun sekitar 5 cm dari bibir pot tanam. Jika sudah, letakkan pot tersebut pada daerah yang terkena matahari secara penuh.


e. Penyiraman Tanaman Anggur

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak sekali sehari yaitu pada sore hari, penyiraman dilakukan secara berhati-hati agara tidak merusak media tanam.


f. Pemasangan Ajir Dan Panjatan

Lakukan pemasangan ajir pada awal penanaman biar tumbuhan sanggup tumbuh memanjatkan sulurnya. Ajir tersebut berfungsi untuk penyangga bibit sampai pemangkasan pertama dilakukan. Ajir sanggup dibentuk dari kayu atau bilah bambu setebal 1,5 cm dengan ukuran panjang sekitar 1 meter. anjit ditancapkan ke media tanam kemudian ikat tumbuhan pada ajir biar tumbuhan tidak roboh saat ada angin. Selain ajir, buat pula panjatan dari bilah bambu yang tebalnya sekitar 2 cm dan mempunyai panjang sekitar 1,5 meter, tancapkan panjatan tersebut dengan jumlah 4 di penggalan pinggir.


g. Pemupukan Tanaman

Tanaman yang gres ditanam diberi pupuk berupa pupuk urea dengan takaran sekitar 1 sdm, setelah itu pemupukan tersebut dilakukansetiap 2 hari sekali sampai tumbuhan berumur 3 bulan, setelah 3 bulan takaran pupuk yang diberikan menjadi 2 sdm dan diberikan sekali dalam sebulan.


h. Pemangkasan dan Pemanenan

Agar tumbuhan anggur cepat berbuah maka perlu dilakukan pemangkasan sampai tumbuh cabang tersier. Pemangkasan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan juga buah. Setelah pemangkasan bunga lama-kelamaan akan mekar dan tumbuh menjadi buah kecil berwarna hijau.


Setelah berumur 105 sampai 120 hari setelah pemangkasan dilakukan anggur sanggup dipanen. Sebelum dan sehabis pemanenan sebaiknya lakukan perawatan secara baik mulai dari pemyiraman yang teratur dan juga pemupukan setiap bulan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel