Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula

Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) atau Mencit Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula


Tikus putih (Mus musculus) atau yang sering disebut dengan mencit merupakan jenis tikus yang mempunyai warna putih, biasanya jenis tikus ini dipakai untuk penelitian atau pakan burung pemangsa dan juga ular.


Banyak orang sekarang mulai membudidaya ternakan tikus putih ini untuk dijadikan perjuangan mereka, tikus ini banyak diminati para pemelihara binatang reptil khusunya ular untuk pakan ular mereka. Orang banyak membudidayakan tikus jenis ini alasannya perawatan serta modal yang diharapkan cukup murah terlebih tikus putih ini sanggup dipanen setiap bulan alasannya tikus ini sangat gampang beranak dengan waktu kehamilan hanyasekitar 20 hari. Satu indukan tikus putih sanggup menghasilkan anakan sampai 12 anakan.


Namun sebelum anda melaksanakan budidaya ternak tikus putih ini anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya kebersihan kandang, ketersediaan pakan, serta suhu udara yang tepat.


Cara Budidaya Ternak Tikus Putih


a. Pemilihan Kandang Ternak

Kandang yang biasa dipakai untuk budidaya ternak tikus putih ini berupa container box, akuarium yang diberi sekat, atau sangkar yang dibentuk sendiri dari kayu atau triplek. Selain tiga sangkar tersebut, sangkar yang dipakai sanggup berupa lemari plastik yang mempunyai banyak laci yang sanggup anda beli di pasar.

Kandang yang dipakai tidak terlalu sempit dan juga terlalu lebar, hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan kandang, ketersediaan pakan, serta suhu sangkar yang jangan terlalu tinggi.


Wadah pakan atau daerah pakan yang dipakai sama halnya wadah yang dipakai untuk pakan hamster namun ukurannya lebih besar dan untuk daerah atau wadah minum anda sanggup memakai daerah minum yang sama dengan daerah minum pada hamster. Peralatan pakan dan minum tersebut sanggup anda beli di toko perlengkapan hewan.


b. Ternak Tikus Putih

Sebelum melaksanakan budidaya ternak, pastilah kita harus menentukan indukan yang akan di ternakan. Namun sebelumnya anda harus membedakan antara tikus putih jantan dan tikus putih betina, tikus putih jantan mempunyai buah zakar sedangkan betina tidak memilikinya. Calon indukan tikus putih yang baik ialah tikus yang telah berumur sekitar 2 bulan lebih.


Dalam satu sangkar perkawinan, diletakkan empat ekor tikus putih dengan jumlah tikus putih jantan hanya 1 ekor dan 3 ekor lainnya ialah tikus putih betina. Masa obserbasi tikus putih jantan dan tikus putih betina yaitu sekitar seminggu dengan terus diberi pakan dan juga minum, pakan yang diberikan sanggup berupa pur ayam dan minumnya air mineral.


Apabila perkawinan berhasil maka dalam jangka seminggu, anda akan mendapati perut salah satu betina mengalami perubahan dan semakin membesar, jikalau menyerupai itu maka pindahkan indukan tersebut pada sangkar lain da pastikan ketersediaan pakan dan juga minum tersedia.


c. Pemeliharaan Anakan Tikus Putih

Indukan yang tengah hamil dan dipisahkan dalam sangkar lain, indukan yang tengah hamil tersebut diberi perawatan yang baik dan pastikan pakan dan juga minum selalu tersedia. Apabila anakan telah lahir, jangan pisahkan dahulu dengan indukannya dan apabila telah mencapai umur sekitar tiga ahad atau sudah sanggup makan sendiri, segera pisahkan dari sang indukan. Dan sesudah berumur 2 bulan lebih anakan tersebut sudah sanggup dikawinkan biar sanggup menghasilkan tikus putih yang lebih banyak.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel