Cara Praktis Budidaya Ternak Cacing Sutra Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Ternak Cacing Sutra Bagi Pemula


Pada umumnya cacing hanya dibiarkan hidup ditanah untuk menjaga kesuburan tanah, namun berbeda dengan jenis cacing sutra atau cacing rambut ini yang berukuran kecil dan biasanya dipakai untuk pakan larva ikan air tawar. Cacing sutra mengandung gizi dan protein yang baik untuk pertumbuhan larva ikan. Harga cacing ini relatif cukup tinggi jadi sangat cocok dijadikan peluang perjuangan yang menjanjikan, dengan modal kecil anda akan memperoleh laba yang melimpah. Bagi anda yang ingin budidaya cacing sutra, berikut yakni klarifikasi lengkapnya.


Budidaya Ternak Cacing Sutra


Media Budidaya

Dalam melaksanakan budidaya cacing sutra, media tumbuh cacing sutera sanggup dilakukan dengan menciptakan kubangan lumpur berukuran 1 m x 2 m yang mencakup jalan masuk air. Setiap kubangan lumpur dibentuk petak kecil berukuran 20 cm x 20 cm dengan tinggi sekitar 10 cm untuk bedengan atau tanggul. Antar bedengan kubangan diberi lubang berdiameter 1 cm .


Pemupukan

seperti halnya pada budidaya cacaing lain untuk pertumbuhan normal maka perlu dilakukan pemupukan yaitu tanah pada kubangan yang telah dibentuk diberi pupuk dengan dedak halus atau juga ampas tahu sekitar 200 sampai 250 gram/m2 atau menggunkan pupuk sangkar sebanyak 300 gram/m2 sebagai sumber masakan alami cacing.


Pembuatan pupuk

Siapkan pupuk sangkar (kotoran ayam), kemudian jemur sekitara 6 jam biar kotoran kering sehingga gas beracun yang ada pada kotoran yang mungkin berbahaya sanggup hilang. Kemudian siapkanlah kuman EM4 atau fermentor lainnya untuk memfermentasi kotoran ayam tersebut, kuman tersebut diaktifkan dengan cara menambahkan 1/4 sdm gula pasir dan 4 ml EM4 dalam 300 ml air kemudian diamkan selama sekitar 2 jam. Setelah itu, campurkan cairan tersebut pada 10 kg kotoran ayam kering , aduk sampai merata. Jika sudah merata, masukkan dalam wadah tertutup, kemudian diamkan selama 5 hari biar kotoran sanggup terfermentasi sempurna.


Lakukan Fermentasi

Tujuan fermentasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kandungan N-organik dan organik-C 2 kali lipat, dengan cara merendam lahan dengan air  selama sekitar 3 sampai 4 hari.


Pengendapan Air

Air yang masuk diendapkan selama 3 sampai 5 hari, air bab atas endapan di buang sampai tersisa 5 sampai 10 cm dari atas permukaan lumpur. Kemudian lumpur diratakan dengan sorok atau kayu selama beberapa hari . Ulangi proses ini sampai 2 -3 kali sampai lumpur halus dalam kubangan cukup banyak.


Penebaran Benih Cacing Sutra

Sebanyak 2-3 liter atau 10 gelas cacing sutra ditabur kedalam kubangan lumpur yang telah diisi air setinggi 5cm-7cm.


Perawatan Cacing Sutra

Selama pemeliharaan, pastikan air tetap terjaga yaitu pada ketinggian 5 sampai 10 cm. Cacing sutra halus akan mulai tumbuh merata diseluruh permukaan lumpur kubangan sesudah 10 hari. Ulangi proses penambahan air limbah pemanenan lele ke dalam kolam atau kubangan budidaya ulat sutra kemudian sesudah 2-3 bulan cacing mulai sanggup dipanen.


Pakan Cacing Sutra

Cacing sutra pun membutuhkan makanan. Makanan ulat sutra yakni materi organik yang bercampur dengan sedimen atau lumpur di dasar perairan. Cacing sutra makan dengan menelan masakan bersama lumpurnya alasannya yakni cacing sutra mempunyai prosedur sanggup memisahkan masakan yang mereka butuhkan dan sedimennya. Makara kita harus menyediakan masakan tersebut.


Pemanenan Cacing Sutra

Cacing sutra akan tumbuh sesudah 2 ahad biang cacing sitebar atau lebih kurang 2 bulan kalau tidak ada biang cacing. Pemanenan pertama sanggup dilakukan sesudah cacing sutra telah berumur sekitar 75 hari dan untuk pemanenan berikutnya sanggup dilakukan setipa 15 hari. Ciri-ciri kolam atau kubangan yang telah siap panen yakni media pemeliharaan terasa kental kalau dipegang. Cara pemanenan cacing, cacing diambil dengan tangan bersama dengan lumpur, kemudian masukkan dalam bejana atau kolam yang telah berisi air dengan ketinggian sekitar 1 cm diatas lumpur, kemudian tutup bejana atau kolam dan biarkan selama 1 sampai 2 jam. Cacing akan berkerumun pada media diambil dengan tangan untuk lepas dari lumpur. Setelah itu, cacing dimasukan dalam kolam pemberokan selama 10 sampai 12 jam. Cacing sutra siap untuk dijual sebagai pakan ikan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Ternak Cacing Sutra Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Budidaya Ternak Cacing Sutra Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel