Cara Sukses Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula  – Kaktus merupakan tumbuhan hias yang dikenal sebagai tumbuhan gurun, sehingga tak heran jikalau tumbuhan kaktus sanggup tumbuh di tempat dengan lingkungan yang ekstrim. Terdapat aneka macam jenis kaktus mulai dari kaktus berukuran besar dan tinggi sampai kaktus berukuran kecil dan pendek (kaktus mini), selain itu ada jenis kaktus berduri tanpa bunga, dan ada pula kaktus tanpa duri dam mempunyai bunga yang indah. Karena keunikan yang dimiliki kaktus, banyak orang menanam kaktus ini sebagai tumbuhan hias di rumah mereka. Jika kalian ingin menanam kaktus sebagai tumbuhan hias, berikut selengkapnya:


Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias


Persiapan Bibit Kaktus


Bibit kaktus sanggup diperoleh dari batang induk tumbuhan kaktus (cara menanam kaktus dengan stek) atau sanggup juga membelinya di toko bunga atau tempat pembibitan. Pilihlah bibit yang unggul, tidak cacat, memiiki duri-duri yang masih sempurna, batang tidak memar dan mempunyai arah tumbuh yang tegak lurus. Bibit yang akan dipakai sudah berumur lebih dari 3 bulan. Jika bibit diambil dari batang induk, pastikan batang sudah cukup umur. Silahkan pilih bibit yang kalian suka, namun keduanya sama cara penanamannya.


Persiapan Media Tanam


Kaktus hias membutuhkan media tanam yang kering dan tidak menahan air, sehingga akarnya tidak terlalu usang mengikat air. Makara tidak disarankan untuk memakai tanah merah dan yanah liat sebagai media tanam alasannya mempunyai daya ikat air yang tinggi.


Media tanam yang sanggup dipakai untuk menanam kaktus ialah tanah pasir, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.


Jika media tanam sudah sap, selanjutnya siapkan pot berukuran 5-10 cm. Jika kaktus tinggi, pot yang dipakai setidaknya mempunyai tinggi setengah dari tinggi kaktus. Pastikan pot mempunyai sistem drainase yang baik biar nantinya tumbuhan kaktus tidak membusuk.


Perawatan Tanaman Kaktus


Kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang tidak begitu menyukai air, akan tetapi tetpa membutuhkan penyiraman. Penyiraman kaktus sanggup dilakukan setiap seminggu sekali. Penggantian pot tanam dan media tanam sanggup dilakukan setidaknya sekali dalam setahun. Peletakan kaktus juga perlu diperhatikan alasannya ada jeis tumbuhan kaktus yang menyukai sinar matahari dan ada juga yang tidak.


Kaktus yang gres ditanam jangan pribadi diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, sesudah ahad ketiga barulah dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Jika kaktus yang ditanam jenis kaktus yang tidak menyukai tempat yang tidak terkena matahari pribadi namun sesekali perlu dilakukan pemindahan ke tempat yang terang.


Jika tumbuhan kaktus sudah terlihat tinggi, perlu dilakukan pemangkasan. Dan biar tidak terjangkit hama maka perlu dilakukan penyemprotan pestisida ataupun bakterisida secara berkala.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel